Senin 02 Apr 2012 16:57 WIB

Hati-hati, Salah Ngemil dapat Mengganggu Tidur

Rep: Gita Amanda/ Red: Hazliansyah
Tidur (Ilustrasi)
Tidur (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, -- Memakan cemilan yang salah pada malam hari tidak hanya dapat menambah banyak kalori yang tidak diperlukan tubuh tapi juga dapat mempengaruhi kualitas tidur.

Tidak perlu disangkal, kadang kala anda memerlukan cemilan pada malam hari. Terlebih jika mata masih terjaga hingga larut malam, seringkali anda dihinggapi rasa lapar. Untuk itu, memilih cemilan di malam hari haruslah cerdas. Sebab jika tidak, malah akan menggangung tidur dan menambah kalori dalam tubuh.

Berikut lima jenis makanan yang harus dihindari pada malam hari:

Makanan berminyak atau yang penuh lemak

Makanan berminyak atau penuh lemak dapat membuat Anda merasa lemas saat bangun tidur keesokan hari. Tak hanya itu, makan berminyak atau berlemak ini juga membuat pencernaan bekerja ekstra keras pada malam hari untuk mencerna semua makanan. Sehingga jauhilah makanan seperti fast food, kacang dan es krim sebelum beranjak tidur.

Tinggi karbohidrat atau makanan manis

Sedikit makanan manis tentu akan membuat anda sedikit bahagia sebelum tidur. Namun jika Anda melahap sepotong besar kue cokelat maka akan terjadi lonjakan pada gula darah Anda. Ini tentu akan mengganggu tidur Anda. Maka hindari kue-kue dalam jumlah banyak, roti putih, kerupuk dan Anda bisa menggantinya dengan mengunyah Apel.

Daging merah dan protein lain

Makanan berlemak seperti daging merah yang dikonsumsi larut malam akan membuatnya sulit dicerna tubuh. Saat tubuh memproses daging merah tersebut otomatis mengganggung tidur Anda. Namun bukan berarti Anda tak boleh mengkonsumsi makanan yang mengandung protein sama sekali. Anda dapat mengkonsumsi irisan dada ayam atau secangkir yoghurt.

Makanan pedas

Rempah-rempah dapat menjadi obat alami untuk semua jenis penyakit. Namun saat Anda mengkonsumsi makanan pada malam hari, usahakan untuk menghindari saus pedas. Makanan pedas dapat mengganggu perut, tak hanya itu makanan pedas dapat merangsang indera sehingga membuat Anda kesulitan tidur.

Porsi besar

Ngemil di Malam hari tak boleh berubah menjadi makan malam. Artinya porsi yang dikonsumsi saat ngemil di Malam hari tak boleh sebanyak makan malam. Hal tersebut untuk menjaga jumlah kalori dalam tubuh. Dengan begitu maka kita tidak akan mengalami masalah dan tetap tertidur lelap.

sumber : Prevention
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement