Kamis 22 Mar 2012 17:22 WIB

Axiata Cup, Turnamen Bulutangkis Berhadiah 1 Juta Dolar AS

Peluncuran Axiata Cup
Peluncuran Axiata Cup

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Axiata, suatu grup operator seluler global, menggelar Axiata Cup yang berlangsung di Jakarta dan Kualalumpur. Turnamen yang berlangsung mulai 23 Maret 2012 ini memperebutkan hadiah total 1 juta dolar AS.

Diiukti oleh delapan regu dari enam negara di kawasan Asean, perhelatan ini akan diikuti oleh sejumlah pemain dunia. Indonesia yang mengirim dua regu, antara lain akan menerjunkan Simon Santoso, Taufik Hidayat, juga Sony Dwi Kuncoro.

''Ini turnamen dengan hadiah terbesar di dunia. Sebagai atlet kami menyampaikan terima kasih kepada XL,'' kata Taufik Hidayat mengomentari event yang baru pertama kali digelar itu.

Bersamaan dengan digelarnya Axiata Cup,  XL meluncurkan 'Program Yang Muda Yang Juara' . Ia merupakan program yang bertujuan mendorong lahirnya talenta muda Bulutangkis yang akan berprestasi di masa mendatang.

Direktur Marketing XL, Joy Wahjudi menyatakan bahwa masyarakat mendambakan kejayaan Tim Bulu Tangkis Indonesia seperti tahun-tahun lampau. Dalam cakupan regional, dulu pula para maestro Bulutangkis berasal dari Asia Tenggara, terutama Indonesia dan Malaysia.

''Kami berharap, bermula dari Axiata Cup ini semangat dan gairah masyarakat atas Bulutangkis kembali naik dan pada akhirnya juga akan mendorong pembinaan di berbagai daerah untuk melahirkan talenta-talenta muda di masa mendatang yang akan menguasai turnamen-turnamen dunia,” kata Joy.

Joy menambahkan, melalui Program Yang Muda Yang Juara, sejumlah program sosialisasi mengenai Axiata Cup dan terutama Bulutangkis telah dijalankan XL ke berbagai sekolah, baik di Jakarta maupun di daerah. XL juga melangsungkan Coaching Clinic untuk meningkatkan keahlian para pemain muda di sekolah.

Sementara itu, untuk memompa semangat dan motivasi, XL juga membawa sejumlah pahlawan Bulutangkis nasional berkunjung ke sekolah-sekolah, salah satunya Ricky Subagja. Program ini juga menyediakan hadiah utama motor Honda Scoopy dan Dana Pendidikan bernilai jutaan rupiah untuk sekolah.

Digelar pula berbagai program bersifat edukasi dan hiburan menyangkut Bulutangkis, termasuk kompetisi foto Levitasi dengan hadiah utama iPhone 4S, game-game seru, serta membagikan tiket gratis menyaksikan pertandingan Axiata Cup pada babak penyisihan di Stadion Tennis Indoor, Senayan.

Turnamen akan berlangsung selama 4 minggu, dimulai 23 Maret di Kuala Lumpur, Malaysia dan Jakarta, Indonesia. Acara final akan diselenggarakan pada 13 April di negara asal tim pemenang.

Format pertandingan yang dipakai dalam turnamen ini juga unik, untuk pertama kalinya dalam sejarah BAC, pertandingan home/away. Ada 8 tim dari 6 negara peserta yang ikut, yaitu Malaysia (2 tim), Indonesia (2 tim), Thailand, Singapura, Vietnam dan Filipina.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement