Kamis 15 Mar 2012 14:16 WIB

Presiden Fernandez Ingin Gelar Formula 1

Presiden Argentina, Cristina Fernandez de Kirchner
Presiden Argentina, Cristina Fernandez de Kirchner

REPUBLIKA.CO.ID, BUENOS AIRES -- Presiden Argentina, Cristina Fernandez de Kirchner mengatakan, negaranya membicarakan kemungkinan untuk menyelenggarakan Formula Satu (F1) untuk kali pertama sejak 1998.

Presiden Fernandez mengumumkan di Government House ketika sedang berlangsung pameran mobil balap yang digunakan dalam Reli Dakar, yang diadakan di Argentina, Chile dan Peru pada Januari.

"Saya akan membawa proposal penyelenggaraan Formula Satu di Argentina dan saya kira tak lama lagi akan ada kesepahaman," Fernandez yang menggantikan suaminya Nestor Kirchner sebagai presiden Argentina seperti dikutip Reuters.

Presiden Argentina ke-55 itu melanjutkan, "Dengan ijin Tuhan, kami akan menyelenggarakan Formula Satu di Argentina."

Seperti dilaporkan harian La Nacion, perlombaan F1 negara Diego Armando Maradona itu akan dilangsungkan di tepi pantai Atlantik yang populer disebut Mar del Plata, pada November atau Desember 2013, 2014 dan 2015.

Tidak ada kesukaran untuk menyelenggarakan perlombaan F1 di Mar del Plata, yang berjarak sekitar 400 km selatan Buenos Aires. Apalagi, perlombaan itu akan diadakan di jalan di tengah kota (street circuit).

Argentina dikenal mempunyai banyak pebalap kondang, di antaranya mendiang juara dunia lima kali Juan Manuel Fangio dan Carlos Reutemann.

Perlombaan F1 terakhir di negara itu diadakan di Sirkuit Oscar Galvez di kawasan tepi ibukota dan dimenangi Michael Schumacher pada 1998.

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement