Selasa 13 Mar 2012 16:37 WIB

Inilah Pesan Jokowi untuk Gubernur DKI Mendatang

Rep: Ahmad Reza Safitri/ Red: Hafidz Muftisany
Walikota Solo Jokowi
Foto: themarketeers
Walikota Solo Jokowi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Kendati belum pernah berkecimpung di DKI Jakarta, namun Wali Kota Surakarta Joko Widodo (Jokowi), mengingatkan kepada calon gubernur untuk melakukan dua hal. Pertama, jelas dia, calon gubernur nantinya harus merubah total manajemen anggaran. Sebab, ia merasa manajemen anggaran yang ada saat ini sudah tidak bisa diterapkan di ibukota.

Sementara yang kedua, menurut Jokowi perlu ada manajemen fokus pada permasalahan yang terjadi, seperti macet dan banjir. Pada langkah itu, kata dia, harus ada tindakan lapangan yang diwujudkan oleh pemimpin. “Dua hal itulah yang harus segera dilakukan gubernur,” ungkapnya, saat dihubungi Republika melalui sambungan telepon, Selasa (13/3).

Menurut dia, jika dua hal itu dilakukan, maka setidaknya permasalahan yang ada di DKI Jakarta dengan sendirinya bekrurang. Pasalnya, kata dia, dua hal tersebut dapat menjadi pondasi untuk menyelesaikan masalah yang ada.

Ketika disinggung soal apakah nama-nama yang sudah mendeklarasikan diri maju pada Pemilukada DKI Jakarta, Jokowi enggan berkomentar banyak. Menurut dia, setiap orang memiliki pola memimpin yang berbeda-beda.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement