Senin 12 Mar 2012 22:30 WIB

Inilah Penyebab Buah Lokal Kalah Bersaing

Buah lokal kalah saing dari buah impor. Ilustrasi
Foto: .
Buah lokal kalah saing dari buah impor. Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Direktur Pengembangan Usaha dan Investasi Kementerian Pertanian, Jamil Musanif, mengatakan citra buruk menjadi salah satu faktor penyebab buah lokal kalah bersaing dengan buah impor.

"Alasan paling utama yang menyebabkan buah lokal kalah saing dari buah impor adalah image buah lokal yang buruk di kalangan masyarakat kita," kata Jamil saat jumpa pers peluncuran Agrinex Expo 2012, di Jakarta, Senin.

Menurut Jamil, selama ini masyarakat mendapat citra buruk soal buah lokal. Buah lokal biasanya dicitrakan tidak menarik. Buah lokal dicitrakan kurang cerah warnanya dan kurang besar bentuknya.

''Semua itu disebabkan oleh teknologi. Kita harus mengejar ketertinggalan teknologi tersebut," kata dia.

Selain adanya pencitraan negatif dalam masyarakat mengenai buah lokal, pangsa pasar yang besar di Indonesia dan daya saing buah lokal yang rendah membuat buah impor makin marak di Indonesia akhir-akhir ini. Daya saing buah lokal rendah salah satunya dipicu oleh infrastruktur yang buruk.

''Bayangkan misalnya buah jeruk dari Malang akan dibawa ke Jakarta, infrastrukturnya buruk, biaya angkutan jadi mahal sehingga harga jadi mahal dan buah jadi buruk karena waktu angkut yang lama," kata dia.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement