Jumat 09 Mar 2012 21:22 WIB

Ribuan Pelayat Sambut Jenazah KH Fawaid

REPUBLIKA.CO.ID, SITUBONDO -- Ribuan pelayat menyambut jenazah KH Fawaid As'ad Syamsul Arifin (43) di halaman Pondok Pesantren Salafiyah Syafi'iyah, Sukorejo, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur, Jumat sore.

Suasana haru para pelayat terlihat di sepanjang jalan menuju Pondok Pesantren Salafiyah Syafi'iyah.

Ribuan warga berbondong-bondong menuju ponpes setempat, sedangkan jenazah almarhum tiba di rumah duka sekitar pukul 17.00 WIB dengan menggunakan mobil ambulans dan mendapat pengawalan dari aparat kepolisian.

"Kami sangat kehilangan kiai kharismatik yang menjadi panutan warga Situbondo. Almarhum wafat di usia yang masih muda yakni 43 tahun," kata seorang pelayat yang juga warga Situbondo, Ahmad Syarif.

Fawaid As'ad yang juga Ketua DPC Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Situbondo wafat pukul 12.40 WIB saat menjalani perawatan di Graha Amerta RSUD d Soetomo Surabaya karena serangan jantung dan memiliki penyakit diabetes.

Wakil Pengasuh Ponpes Salafiyah Syafiiyah KH Afifudin Muhajir mengatakan, jenazah KH Fawaid As'ad dimakamkan di kompleks Pesantren Salafiyah Syafiiyah, setelah isya, sekitar pukul 19.30 WIB.

"Almarhum sempat menjalani rawat inap di RSUD Situbondo kemudian dirujuk ke RSUD dr Soetomo," katanya.

Ia menjelaskan, proses kepengasuhan di Ponpes Salafiyah Syafi'iyah tersebut bersifat kolektif kolegial, sedangkan almarhum adalah pembina pesantren yang juga pengasuh pondok pesantren terbesar di Situbondo itu.

"Akan ada rapat keluarga untuk menentukan pengganti beliau di Ponpes Salafiyah Syafi'iyah," kata Afifudin yang juga Rais Suriyah PBNU itu.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement