Thursday, 9 Sya'ban 1441 / 02 April 2020

Thursday, 9 Sya'ban 1441 / 02 April 2020

Dubes: Pesan Bagi Penonton, Itu Kunci Kesuksesan Film Iran

Rabu 29 Feb 2012 08:53 WIB

Rep: Ani Nursalikah/ Red: Dewi Mardiani

Duta Besar Iran untuk Indonesia, Mahmoud Farazandeh

Duta Besar Iran untuk Indonesia, Mahmoud Farazandeh

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Film yang baik adalah film yang mampu menyampaikan pesannya kepada penontonnya. Film yang baik dan menarik tidaklah melulu yang menampilkan adegan hubungan romantis.

Duta Besar Iran untuk Indonesia. Mahmoud Farazandeh, mengungkapkan hal tersebut sebagai kunci kesuksesan film Iran. Menurutnya, film adalah salah satu cara untuk menyuarakan revolusi.

"Sebagian besar film Iran bertujuan untuk membedah atau memperkenalkan masalah sosial yang terjadi di masyarakat," ujarnya saat menerima kunjungan wartawan di kediamannya, Selasa (28/2).

Ia mengakui, jenis film yang disukai masyarakat adalah film yang mengandung unsur kekerasan, bercerita tentang hubungan romantis, dan hubungan di luar norma. Farazandeh mengatakan, industri film di Iran bukan hanya menampilkan hiburan semata. Di negaranya itu, film haruslah mengandung pesan dan mampu mengarahkan penonton.

Salah satu film Iran 'A Separation' berhasil menyabet penghargaan bergengsi Oscar dalam kategori Film Berbahasa Asing Terbaik. Film ini mengalahkan film Israel dalam kategori yang sama.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA