Senin 27 Feb 2012 10:01 WIB

Longsor, Warga Bogor Langsung Adakan Penghijauan

Rep: Adi Wicaksono/ Red: Hafidz Muftisany
Acara seremoni penghijauan
Foto: Antara
Acara seremoni penghijauan

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- Prihatin dengan banyaknya bencana alam seperti banjir dan longsor, sejumlah elemen kemasyarakatan di Kota Bogor mengadakan gerakan tanam pohon. Sasaran utama penanaman pohon ini adalah daerah-daerah yang rawan bencana.

Ketua Masyarakat Cinta Bogor (MCB) Bagus Karyanegara mengatakan, keberadaan pepohonan dapat memberikan banyak manfaat bagi lingkungan sekitar. Selain dapat membantu resapan air, akar-akar pohon juga dapat menjaga ketahanan tanah dari longsor.

"Daerah-daerah rawan longsor sudah semestinya dihijaukan," kata dia, Senin (26/2). Bagus menambahkan, pihaknya bekerjasama dengan pemerintah setempat menyediakan 500 pohon siap tanam. Pohon-pohon itu akan didistribusikan ke seluruh kecamatan di Kota Bogor.

"Ini merupakan lanjutan dari kegiatan penanaman pohon sebelumnya. Kami berharap akan terus berlanjut mengingat bencana longsor sudah terjadi di mana-mana," ujarnya.

Sebelumnya pada Ahad pagi (26/2) sekitar pukul 08.30 terjadi longsor tepatnya di kelurahan Gudang, Kecamatan Bogor, Kota Bogor setelah hujan deras mengguyur daerah itu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement