Selasa 21 Feb 2012 16:03 WIB

Perut Sering Bermasalah? Waspadai Makanan dan Minuman Ini (1)

Waspadai kafein dalam kopi karena bisa ganggu pencernaan
Waspadai kafein dalam kopi karena bisa ganggu pencernaan

REPUBLIKA.CO.ID, Untuk Anda yang kerap mengalami masalah perut, sebelum menenggak obat-obatan yang tidak jelas, cobalah untuk mewaspadai berbagai makanan dan minuman yang Anda konsumsi. Boleh jadi, dari makanan dan minuman itulah, sumber masalah yang membuat perut bergejolak.

Konsumsi air

Mengonsumsi terlalu banyak atau terlalu sedikit air bisa berpengaruh pada masalah pencernaan. Terlalu banyak dapat membuat Anda bolak-balik ke kamar mandi, sedangkan terlalu sedikit air bisa juga memicu infeksi. Tanyakan pada dokter Anda, jumlah yang pas untuk Anda konsumsi. Namun, biasanya disarankan meminum 6-8 gelas per hari.

Alkohol

Minuman ini harus dihindari dengan berbagai alasan. Untuk urusan pencernaan, alkohol merangsang kerja perut dan menghambat kontrol gerak pencernaan. Alkohol juga membuat tubuh cepat merasakan dehidrasi yang pada akhirnya membuat iritasi perut.

Kafein

Intinya, adalah kafein. Bentuknya bisa berupa kopi, teh, soda, minuman berenergi, sampai cokelat yang mengandung kafein dalam jumlah besar. Kafein mengandung zat stimulan yang dapat membuat pencernaan lebih aktif dan membuat Anda pipis lebih sering. Cobalah mengganti kopi yang tanpa kafein dan menyantap cokelat yang sedikit kafein seperti cokelat putih.

Zat asam

Biasanya, ini terdapat dalam buah-buahan seperti jeruk dan jus yang bisa mengiritasi perut. Buah lainnya seperti lemon, anggur, nanas, hingga tomat.

Makanan pedas

Makanan seperti ini dapat mengiritasi dinding pencernaan dan membuat sulit kendali gerak perut. Namun, tidak berarti makanan Anda melulu santapan lunak dan tawar. Tambahkan bumbu khusus, bawang, atau bahan-bahan lain dalam makanan Anda untuk menambah cita rasa.

sumber : healthcentral.com
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement