Thursday, 12 Rabiul Awwal 1442 / 29 October 2020

Thursday, 12 Rabiul Awwal 1442 / 29 October 2020

Ini Alasan Kepala Suku Asmat Memeluk Islam

Ahad 19 Feb 2012 12:54 WIB

Rep: Agung Sasongko/ Red: Heri Ruslan

REPUBLIKA.CO.ID,  BEKASI —- Sinansius Kayimter sudah lama tertarik memeluk Islam. Sebab, ia tidak merasa cocok dengan kepercayaan terdahulu.

“Saya tidak merasa ada perbaikan dalam kepercayaan terdahulu. Tapi saya melihat mereka yang Muslim banyak mengalami perubahan,” kata Sinansius yang selanjutnya berganti nama menjadi Umar Abdullah kayimter saat  menceritakan pengalamanannya di Masjid Darussalam, Jati Bening, Bekasi, Ahad (19/2).

Keyakinannya akan kebenaran Islam semakin bertambah setelah anaknya, Muhammad Hatta memutuskan memeluk Islam beberapa tahun lalu. Kini, anaknya telah menjadi Tahfiz Alquran.

Dari situlah, Umar melihat adanya perubahan ketika seseorang masuk Islam. “Dalam kepercayaan sebelumnya, ia tidak ada perubahan. Namun saat Islam masuk, ada semacam perubahan seperti banyak generasi muda suku Asmat belajar di luar daerahnya,” kata Fadhlan.

Sejak 1980-an, telah ada dari kalangan suku Asmat yang memeluk Islam. Namun, tidak adanya pembimbing menjadikan Muslim Asmat seolah diabaikan.



BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA