Sunday, 8 Syawwal 1441 / 31 May 2020

Sunday, 8 Syawwal 1441 / 31 May 2020

Gunung Merapi Semburkan Abu Vulkanik

Sabtu 18 Feb 2012 17:42 WIB

Red: Taufik Rachman

REPUBLIKA.CO.ID,YOGYAKARTA--Gunung Marapi di Kabupaten Tanahdatar dan Kabupaten Agam, Sumatera Barat kembali menyemburkan abu vulkanik pada Sabtu pagi.

Abu vulkanik disemburkan gunung yang memiliki tinggi 2.891 meter di atas permukaan laut (mdpl) itu hanya tipis dan diperkirakan hanya setinggi 50 - 100 meter di atas puncak gunung.

Semburan abu vulkanik diperkirakan sejauh 50 meter arah utara gunung. Diperkirakan semburan abu vulkanik gunung tersebut hanya menghujani puncak lereng gunung.

Setelah semburan abu vulkanik berlangsung selama 5 menit tersebut menghilang. Pada pukul 08.25 WIB gunung kembali mengeluarkan abu vulkanik dan disusul asap putih.

Setelah semburan yang kedua kalinya dan disusul asap putih, gunung tidak lagi terlihat apakah masih menyemburkan abu vulkanik atau asap putih karena ditutup kabut asap.

Petugas Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Suparmo, menyebutkan, semburan abu vulkanik diperkirakan jatuh disekitar kawah gunung.

Gunung Marapi Bukittinggi terakhir kali meletus pada 2005. Saat dalam status siaga, Kota Bukittinggi merupakan salah satu daerah evakuasi. 

sumber : antara
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA