Kamis 09 Feb 2012 10:54 WIB

Esemka Siap Kirab dari Solo ke Tangerang

Mobil Esemka karya siswa SMK Solo yang dijadikan mobil dinas Walikota dan Wakil Walikota Solo
Foto: Foto: Antara/Akbar Nugroho Gumay
Mobil Esemka karya siswa SMK Solo yang dijadikan mobil dinas Walikota dan Wakil Walikota Solo

REPUBLIKA.CO.ID, SOLO---Mobil Esemka Solo akan ke menjalani uji emisi di Tangerang, Banten. Rencananya perjalanan kendaraan itu dimeriahkan dengan kirab (pawai budaya). Esemka akan berhenti di beberapa kota untuk dipamerkan ke masyarakat. "Sudah ada beberapa kota yang meminta, yaitu di Semarang oleh Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Jawa Tengah,  Pekalongan, Tegal, Cirebon dan Bandung," kata Wali Kota Surakarta Joko Widodo.

Ia belum menentukan cara membawa mobil Esemka ke Balai Thermodinamika Motor dan Propulsi (BTMP) kawasan Puspitek di Serpong, Tangerang. "Ada dua opsi untuk mengangkut mobil Esemka, yakni dengan dikendarai dari Solo ke Tangerang atau diangkut dengan menggunakan truk kontainer," katanya.  

"Faktor keamanan dan keselamatan menjadi bahan pertimbangan, kalau mobil Esemka itu dinaikkan truk konatiner akan lebih aman. Tapi kalau dikendarai sendiri juga bagus, karena membuktikan bahwa mobil tersebut memang layak lolos uji emisi," katanya.

Wakil Wali Kota Surakarta, FX Hadi Rudyatmo mengatakan,  saat ini Esemka disempurnakan di pusat pembuatan di bengkel mobil milik Sukiyat di Klaten. "Lampunya masih nyebar, belum fokus. Sama dudukan kaca depan masih longgar sedikit. Bukan perbaikan besar," katanya sambil menambahkan perbaikan tersebut diperkirakan akan berlangsung selama sepekan.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement