Wednesday, 9 Rabiul Awwal 1444 / 05 October 2022

BI Mudahkan Bank Syariah Salurkan Pembiayaan Mikro

Rabu 08 Feb 2012 11:47 WIB

Rep: Nuraini/ Red: Didi Purwadi

UMKM, ilustrasi

UMKM, ilustrasi

Foto: Antara

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bank Indonesia (BI) memberikan sejumlah kemudahan bagi bank syariah untuk menyalurkan pembiayaan sektor usaha mikro kecil dan menengah (UMKM). Dengan kemudahan itu, bank syariah diharapkan mau menggenjot pembiayaan sektor UMKM.

Kemudahan diberikan ke bank syariah yang menyalurkan pembiayaan dengan akad mudharabah dan musyarakah. Pembiayaan berbasis bagi hasil tersebut dapat dicicil nasabah di akhir periode.

“Misalnya, kontrak dua tahun, pada akhir tahun kedua baru dilunasi pokoknya. Ini kan memudahkan,“ ujar Direktur Direktorat Perbankan Syariah BI, Mulya Effendi Siregar, Rabu (8/2).

Cicilan yang tidak harus dibayar tiap bulan akan mempermudah kerja bank. Akan tetapi, Mulya mengatakan bank harus terus memonitor UMKM yang diberi pembiayaan dalam skala waktu tertentu.

“Kita menyarankan kepada bank-bank syariah untuk melakukan monitoring atau evaluasi tiap periode, tiga bulan atau enam bulan,'' katanya. ''Ini supaya nanti setelah dua tahun, jangan-jangan proyeknya sudah tidak jalan.“

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA