Selasa 07 Feb 2012 06:46 WIB

Tangan ABG Ini Nyaris Putus Digigit Buaya

REPUBLIKA.CO.ID, LUBUKBASUNG, SUMBAR - Rudi (17) warga Sungai Sirah Durian Kapeh Nagari Tiku Selatan Kecamatan Tanjung Mutiara Kabupaten Agam, Sumatera Barat, digigit buaya saat menangkap ikan di Batang Masang, Senin (6/2), pukul 12.30 WIB.

Untungnya, korban langsung diselamatkan tiga orang temannya, sehingga buaya tersebut langsung melepaskan gigitan dan korban dibawa ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Lubukbasung.

"Saya diselamatkan tiga orang teman dan dibawa ke RSUD Lubukbasung untuk perawatan, karena tangan saya luka-luka. Ada yang dalamnya 3 sentimeter," kata Rudi saat dirawat di ruangan ICU RSUD Lubukbasung.

Dia menceritakan, saat berusaha menangkap ikan dan udang di Batang Masang mengunakan tangan kiri, tiba-tiba satu ekor buaya sepanjang sekitar 1 meter langsung mengigit tangannya dan langsung berusaha menyeret dia ke dasar sungai.

Tiga temanya langsung memberi pertolongan dan buaya melepaskan gigitannya. Dia mengatakan, di Batang Masang memang banyak hidup buaya, namun tidak membuat takut warga untuk menangkap ikan atau udang.

"Mungkin saya digigit buaya karena melanggar pantangan. Warga di sini melarang menangkap ikan dengan tangan kiri," tambahnya.

Terkait kejadian ini, Bupati Agam Indra Catri mengimbau agar warga tidak melakukan aktifitas di sepanjang Batang Masang atau sungai yang diduga ada buayanya, karena risikonya bisa menimbulkan korban jiwa.

"Ini berisiko bagi warga, karena buaya bisa menghilangkan nyawa mereka. Berhati-hatilah, dan pikirkan seberapa keuntungannya. Nyawa tidak bisa dinilai dengan yang lain," kata bupati.

Kejadian ini kata bupati untuk yang kedua kalinya. Tahun 2011 hal yang sama di lokasi yang sama juga pernah terjadi. Buaya menggingit tangan dan kaki korban.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement