Ahad 05 Feb 2012 17:44 WIB

Bus Sinar Jaya Terjun ke Jurang, 15 Penumpang Luka

Rep: Eko Widiyanto/ Red: Heri Ruslan

REPUBLIKA.CO.ID, BUMIAYU -- Bus Sinar Jaya dari arah Jakarta menuju Purwokerto, terjun ke jurang sedalam enam meter di jalan lingkar Desa Dukuhturi Kecamatan Bumiayu Kabupaten Brebes, Sabtu (4/2) malam sekitar pukul 19.00. Akibat kecelakaan itu, enam orang penumpang diantaranya mengalami luka berat, sedangkan lainnya luka ringan. Para penumpang tersebut, kini dirawat di RS Orthopedi Purwokerto dan Rumah Sakit Umum Margono Soekardjo Purwokerto.

Beberapa saksi mata di lokasi kejadian menyebutkan, kecelakaan tersebut lebih disebabkan karena pengemudi bus kurang berhati-hati saat melalui jalan yang menikung. ''Ketika kejadian, tidak ada mobil atau kendaraan lain yang menyebabkan mobil terpaksa banting stir sehingga masuk jurang. Kemungkinan sopirnya mengantuk atau kurang berhati-hati sehingga tidak memperhatikan bila jalan di depannya menikung,'' kata Aji (42), warga desa setempat.

Dia menyebutkan, setelah kejadian lalu lintas di ruas jalan tersebut juga sempat tersendat, karena proses evakuasi penumpang yang cukup lama. Petugas kepolsian dibantu warga, harus turun ke jurang untuk menolong para korban yang luka.

''Upaya menolong korban berlangsung cukup lama. Apalagi karena ada beberapa penumpang yang terjepit bodi atau kursi-kursi penumpang yang melengkung, sehingga untuk melakukan evakuasi harus menggunakan peralatan. Termasuk sopir busnya juga mengalami luka cukup parah karena terjepit bodi bus,'' tambahnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement