Rabu, 14 Rabiul Akhir 1441 / 11 Desember 2019

Rabu, 14 Rabiul Akhir 1441 / 11 Desember 2019

Symantec Ungkap Penipuan Penjualan iPad3

Selasa 31 Jan 2012 17:44 WIB

Red: Taufik Rachman

iPad3

iPad3

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Symantec baru-baru ini menemukan sebuah email penipuan yang memanfaatkan kehebohan iPad 3 yang belum diluncurkan.

"Para penipu (Spammer) berharap dapat menipu orang-orang yang sudah tidak sabar mendapatkan perangkat tersebut," kata Director for Consumer Business in Asia Symantec Effendy Ibrahim .

Email itu memperkenalkan diri mereka sebagai CEO Facebook Mark Zuckerberg yang menjelaskan Facebook telah bekerjasama dengan Apple untuk mempromosikan sebuah iPad 3 secara gratis.

Hal itu tentu informasi palsu tapi penipu itu berusaha untuk menarik calon korban dengan menyatakan mereka telah terpilih dari database Facebook secara acak. Pengguna kemudian diminta untuk mengklik sebuah link dan mengisi sebuah survey sehingga scammer (penipu) mendapatkan informasi pribadi dan memastikan bahwa alamat email anda adalah benar.

"Mereka juga akan mengirimkan lebih banyak spam di masa yang akan datang," katanya.

Symantec menyarankan pengguna Internet untuk tidak mengklik link mencurigakan dalam email. Hindari memberikan informasi pribadi apapun saat menjawab email. Jangan pernah memasukkan informasi pribadi pada halaman atau layar pop-up. Saat memasukkan informasi pribadi atau finansial, pastikan website tersebut terenkripsi dengan sertifikat SSL dengan melihat pada padlock, ‘https’ atau address bar yang berwarna hijau.

sumber : antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA