Selasa 24 Jan 2012 20:46 WIB

Puting Beliung Terjang Situbondo

Angin puting beliung (ilustrasi)
Foto: Blogspot.com
Angin puting beliung (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, SITUBONDO - Angin puting beliung di Desa Trebungan, Kecamatan Mlandingan, Kabupaten Situbondo, Jatim, merusakkan 22 rumah, sedangkan dua rumah di Desa Gunung Malang, Kecamatan Suboh, tertimpa pohon.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Situbondo Zainul Arifin ketika dihubungi Selasa malam menjelaskan, angin puting beliung itu terjadi bersamaan dengan datangnya hujan deras, namun tidak ada korban jiwa.

"Kerusakan rumah yang di Trebungan tidak terlalu parah, karena hanya genteng atau sengnya yang rusak. Warga di desa itu langsung melakukan kerja bakti atau gotong royong dan mungkin dalam dua hari sudah selesai," katanya.

Sementara untuk di Desa Gunung Malang, dua rumah penduduk rusak parah karena tertimpa pohon. Karena itu perbaikannya kemungkinan adalah total dan membutuhkan biaya yang cukup besar.

"Kami dari BPBD Situbondo akan memberikan bantuan untuk para korban. Untuk warga yang rumahnya terkena angin puting beliung akan kami bantu dengan sembilan bahan pokok," kata Zainul.

Untuk korban yang rumahnya tertimpa pohon akan dibantu untuk perbaikan rumah, namun dananya masih akan diajukan ke Bupati Situbondo lewat dana tak terduga. "Mengenai besaran bantuan untuk pemilik dua rumah itu, tergantung kebijakan dari bupati," katanya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement