Sunday, 5 Sya'ban 1441 / 29 March 2020

Sunday, 5 Sya'ban 1441 / 29 March 2020

Merayakan Tahun Baru Bersama Alam Bebas

Rabu 04 Jan 2012 06:00 WIB

Red: Johar Arif

Berkemah di alam bebas

Berkemah di alam bebas

Foto: Foto-foto: Alfian Widiantono Suroso

Seperti kebiasaan sebelumnya, mayoritas warga perkotaan merayakan tahun baru di pusat-pusat keramaian dan perbelanjaan. Warga ibukota Jakarta menjadikan tempat-tempat seperti Monas, Bundaran HI, dan Ancol sebagai destinasi wajib merayakan tahun baru 2012 yang belum lama berlangsung kemarin.

Berbagai hiburan mulai dari panggung musik, arena atraksi dan tentunya kembang api menjadi media utama yang digunakan oleh pengelola pusat keramaian untuk menarik pengunjung. Selain itu, pusat-pusat perbelanjaan utama dan mall mengadakan diskon besar-besaran dalam program midnight sale untuk menyedot pengunjung. Terkesan semua aktifitas tersebut lebih banyak berbau hura-hura dan konsumtif semata.

Namun, masih ada segelintir warga perkotaan yang memilih aktifitas lain pengisi liburan tahun baru dengan kegiatan yang lebih bermanfaat. Salah satunya yaitu berkemah di alam bebas, seperti yang terjadi di Kemuning Resort, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.

Hawa sejuk pegunungan, pemandangan alam, suara derit jangkrik dan gemericik sungai seolah menjadi obat mujarab bagi warga perkotaan yang tiap hari dijejali kemacetan dan kesemrawutan. Seperti yang dilakukan oleh Angga, 20 tahun, mahasiswa IISIP Jakarta ini sengaja datang bersama rombongan teman-teman kampusnya untuk berkemah di Kemuning Resort sejak dua hari sebelum tahun baru. “Daripada hanya hura-hura, kami sengaja memilih ke sini untuk menikmati alam bebas sekaligus menambah ilmu melalui pelatihan jurnalistik yang kebetulan juga mengambil tempat di sini”.

Selain untuk merasakan sensasi tersendiri yang tersaji, aktifitas berkemah di alam bebas juga menjadi sarana bagi keluarga yang ingin lebih mempererat hubungan antaranggotanya. Wajar begitu. Beban pekerjaan di Jakarta ditambah dengan banyak terbuangnya waktu di jalan menjadikan waktu untuk berkumpul bersama keluarga menjadi semakin sempit. Momen-momen kebersamaan seperti saat mendirikan tenda dan memasak bersama tentunya menjadi ajang yang tepat untuk saling mengakrabkan antaranggota keluarga.

Alasan inilah yang dipakai oleh Endang, 42 tahun, karyawan swasta di Jakarta yang memilih mengajak istri dan anak-anaknya untuk berkemah di Kemuning Resort. “Selain untuk menyegarkan pikiran, Saya ajak keluarga berkemah ke sini agar kami makin akrab. Maklum, di rumah tidak setiap hari kami bisa berkumpul bersama seperti ini”.

Suguhan yang disajikan alam pegunungan Kemuning Resort yang dapat ditempuh sekitar 4 jam dari Jakarta ini memang menjadi tujuan utama warga ibukota yang datang kesini. Selain itu mereka mendapatkan bonus suguhan lain berupa kompetisi olahraga mobil offroad berpenggerak 4 roda yang kebetulan juga diadakan di tempat yang sama. Jadi, isilah waktu liburan dengan kegiatan yang lebih bermanfaat.


Alfian Widiantono Suroso
aansmile27@gmail.com



BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA