Ahad 01 Jan 2012 17:59 WIB

Bang Sani Kritik Bang Foke Soal Jumlah Penduduk Miskin Jakarta yang Tambah Banyak

Rep: Erik Purnama Putra/ Red: Stevy Maradona
Pengentasan kemiskinan masih jauh panggang dari api (ilustrasi).
Foto: globalmuslim.web.id
Pengentasan kemiskinan masih jauh panggang dari api (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID,  JAKARTA — Wakil Ketua DPRD DKI Triwisaksana mengkritik kinerja Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo alias Foke. Menurut dia, Foke gagal mengentaskan kemiskinan warga Ibu Kota.

Bang Sani, sapaan Triwisaksana, menyarankan pada 2011 agar Foke lebih bekerja keras dalam mengupayakan pengurangan angka kemiskinan.

Selama ini, pihaknya menilai kinerja Pemprov DKI Jakarta tidak maksimal dan belum tepat dalam menyelenggarakan program pengentasan kemiskinan. “Meski tahun ini ada pemilihan gubernur DKI, tapi program pengentasan kemiskinan harus jalan dan tepat sasaran,” kata Bang Sani, Ahad (1/1).

Dia menyarankan agar Foke lebih fokus dan serius mengentaskan kemiskinan warga melalui dua cara. Yakni, pendekatan memberi ‘ikan’ maupun ‘kail’ kepada masyarakat miskin.

Untuk program ‘ikan’, saran Bang Sani, melalui pendekatan pemberian akses kesehatan, pendidikan, maupun jaminan sosial cuma-cuma kepada penduduk miskin. “Ini agar lingkaran kemiskinan bisa diputus pada generasi berikutnya,” ujarnya.

Program kedua, imbuh Bang Sani, melalu pemberian ikan dengan tujuan agar warga miskin lebih berdaya dan meningkat taraf ekonominya. Caranya dengan menyelenggarakan program workshop maupun modal usaha lewat bantuan by name by address.

Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo pada evaluasi akhir tahun 2011 menyatakan, angka kemiskinan di Jakarta untuk tahun 2011 meningkat. Foke menuturkan, tahun 2011, angka kemiskinan di Ibukota naik 3,75 persen, atau sekitar 363.000 orang, dari jumlah keseluruhan masyarakat Jakarta sebesar 9,61 juta jiwa.

Padahal, empat tahun sebelumnya, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI telah berhasil menurunkan angka kemiskinan di Jakarta. "Memang tahun ini angka kemiskinan kembali meningkat. Tapi kami akan terus berupaya untuk menekan angka tersebut," ujar Foke.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement