Sabtu 31 Dec 2011 12:45 WIB

Sambut Tahun Baru, Pasar Baru, Jakarta Disemarakkan Kebudayaan Betawi

Rep: Satria Kartika/ Red: Ajeng Ritzki Pitakasari
Kesenian Betawi di Pasar Baru
Foto: Republika/Satria Kartika
Kesenian Betawi di Pasar Baru

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Perayaan tahun baru 2012 di Pasar Baru Jakarta Pusat diwarnai dengan kesenian dan kebudayaan Betawi. Acara yang bertempat di jalan Antara kelurahan Pasar Baru, kecamatan Sawah Besar tersebut dimeriahkan dengan kesenian Ondel- Ondel, Tanjidor, Gambang Kromong, Gambus, Pencak Silat dan Tarian Betawi.

Camat sawah besar, Drs. Marsigit, M.si menuturkan, acara dimulai pukul 8 pagi diawali dengan kerja bakti membersihkan kali Ciliwung yang diikuti oleh masyarakat, TNI, dan POLRI.

Kemudian acara dimeriahkan para pelajar tingkat SD (Sekolah Dasar) hingga SMA (Sekolah Menengah Atas) dengan menampilkan tarian-tarian Betawi.

Tak hanya itu, kebudayaan Betawi semakin terlihat mencolok dengan adanya perahu-perahu hias khas Betawi yang mengapung di kali Ciliwung. "Perahu-perahu ini dilombakan, dan diikuti oleh kelurahan-kelurahan yang ada di kecamatan Sawah Besar," ujar Marsigit.

Marsigit menambahkan, acara akan terus berlanjut hingga malam pergantian tahun yang ditutup dengan hiburan rakyat serta pesta kembang api . "Durasi kembang api sekitar 30 menit," tandasnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement