Jumat 30 Dec 2011 08:20 WIB

Pemindahan Bandar Adisutjipto Baru Tahap Studi Kelayakan

Bandara Adisutjipto
Bandara Adisutjipto

REPUBLIKA.CO.ID, SLEMAN - Rencana pemindahan Bandara Internasional Adisutjipto Yogyakarta masih dalam tahap studi kelayakan. Bandara yang saat ini berlokasi di Desa Maguwoharjo, Kecamatan Depok, Kabupaten Sleman, itu rencananya akan dipindah ke wilayah Kabupaten Kulon Progo.

Humas PT Angkasa Pura I cabang Bandara Internasional Adisutjipto Yogyakarta, Isye Yuviana, mengatakan pemindahan lokasi bandara telah dikukuhkan melalui nota kesepahaman antara Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Sri Sultan Hamengku Buwono X dengan Direktur Utama PT Angkasa Pura I Tommy Soetomo.

"Namun, kebijakan itu masih dalam tahap studi kelayakan. Hal itu diperlukan bagi pengembangan Adisutjipto sebagai bandara internasional. Sehingga, bandara bisa menampung pesawat jenis airbus," katanya.

Kondisi Bandara Adisutjipto saat ini tidak memungkinkan untuk pendaratan pesawat terbang berbadan besar. Panjang landasan pacu minimal 3.000 meter. Sedangkan, Bandara Adisutjipto hanya memiliki landasan pacu 2.250 meter dengan lebar 45 meter.

''Pengembangan yang bisa dilakukan di Adisutjipto sebatas perluasan terminal internasional yang direncanakan mulai awal 2012," katanya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement