Selasa 27 Dec 2011 12:48 WIB

Bali Siap Produksi Minuman dan Es Krim dari Ubi Jalar

Ubi jalar.
Foto: www.agriculturesource.com
Ubi jalar.

REPUBLIKA.CO.ID, DENPASAR - Bali akan memproduksi sirup, minuman dan es krim dengan menggunakan bahan baku ubi jalar. Pada tahun 2012, Bali secara besar-besaran akan mulai memproduksi minuman ubi jalar dengan target pangsa pasar dalam dan luar negeri.

"Produksi ketiga jenis produk yang kini dalam uji coba merupakan hasil penelitian yang dilakukan selama tujuh tahun," kata Guru besar Universitas Udayana, Prof Dr Ir Dewa Ngurah Suprapta MSc, di Denpasar, Selasa.

Dewa menyebutkan penelitian selama tujuh tahun tersebut merupakan hasil kerja sama dengan berbagai pihak. Beberapa di antaranya adalah Fakultas Kedokteran Universitas Udayana dan Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada. Penelitian menghabiskan dana sekitar Rp 3,5 miliar.

"Ketiga jenis mata dagangan baru itu sudah siap diproduksi secara besar-besaran. Pabrik berlokasi di Kabupaten Karangasem di daerah ujung timur Pulau Bali," ujar Dewa.

Pihaknya sudah mengurus hak paten dari ketiga hasil penelitian tersebut. Pengolahan ketela rambat menjadi jenis sajian bergengsi seperti sirup, minuman dan es krim sudah membuahkan hasil yang cukup disenangi konsumen.

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement