Saturday, 4 Sya'ban 1441 / 28 March 2020

Saturday, 4 Sya'ban 1441 / 28 March 2020

Cegah Pemalsuan, Tiket Gunakan Barcode

Selasa 29 Nov 2011 15:44 WIB

Rep: S Bowo Pribadi/ Red: taufik rachman

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Tiket pertandingan Tur Asia LA Galaxy melawan Timnas --gabungan laskar Garuda dan Garuda Muda-- di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) akan dipindai dengan teknologi barcode. Kiat ini untuk meminimalisir pemalsuan tiket.

Kepala Biro Operasi (Karoops) Polda Metro Jaya, Kombes Pol Agung Budi Maryoto mengatakan, setiap tiket penonton yang akan masuk ke dalam stadion akan dipindai dengan barcode. Sehingga kecil kemungkinan terjadinya pemalsuan.

"Ini merupakan bentuk perbaikan pengamanan agar penonton tanpa tiket resmi tidak bisa masuk," ujarnya kepada wartawan, di Mapolda Metro Jaya, Selasa (29/11).

Menurut Agung, masuknya penonton tanpa tiket resmi bisa mengakibatkan membludaknya penonton. Sehingga berisiko terhadap keselamatan penonton seperti yang terjadi pada final cabang olahraga (cabor) SEA Games XXVI 2011di SUGBK.

Untuk mengantisipasi hal yang sama pihak kepolisian telah melakukan perbaikan. Antara lain perbaikan dalam urusan tiket. Sejak awal aparat kepolisian Polda Metro Jaya dilibatkan untuk mengamankan penjualan tiket ini.

Panitia harus memberitahukan kepada aparat kepolisian, jika akan membuka penjualan tiket pertandingan. "Dengan begitu aparat kepolisian akan dapat memback up pengamanan penjualan tiket ini," jelasnya.

Kemudian, masih lanjut Agung, perbaikan transparansi penjualan tiket. Setiap titik penjualan loket harus menginformasikan alokasi jumlah tiket yang akan dijual.

Sehingga masyarakat akan dapat mengetahui jumlah tiket yang dijual. Misalnya di loket tiket A dijual 5.000 lembar tiket. Dengan begitu calon penonton ini akan dapat memperkirakan antrean penjualan tiket. "Perbaikan- perbaikan ini dilakukan untuk mendukung keamanan dan kelancaran pertandingan tersebut," imbuhnya

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA