Kamis 24 Nov 2011 17:28 WIB

Video: LA Akar Sepakbola AS

Rep: Agung Sasongko/ Red: Sadly Rachman

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA - Meski sepakbola AS bukan olahraga favorit warga Amerika, sejumlah kota di negeri Paman Sam memiliki tradisi sepakbola yang kuat. Salah satu kota yang dimaksud adalah Los Angeles.

Sebelum, liga profesional AS (MLS) terbentuk, liga sepakbola Amerika sudah berjalan. Los Angeles sendiri telah memiliki klub bernama Los Angeles Kickers. Klub ini dibentuk pada tahun 1955 oleh mantan pemilik klub penembak jitu Fall River, Sam Markus.

Sebelum era MLS, klub-klub dari Los Angeles seperti LA Kickers, LA Aztec, California Surf dan LA Salsa telah bermain di berbagai liga seperti Liga Amerika Barat, Amerika Utara dan Liga Sepakbola Amerika (A-League). Klub-klub tersebut sukses memenangkan sepuluh trofi domestik dan internasional.

Nama-nama beken seperti George Best, Johan Cruyff, dan banyak pemain terkenal lainnya sempat merumput di klub LA Aztec, California Surf dan LA Salsa. Kini memasuki era MLS, tradisi itu berlanjut. Nama-nama pesepakbola ternama seperti Juan Pablo Ángel (2011), Jorge Campos (1996–1997), Luis Hernández (2000–2001), Alexi Lalas (2001–2003), Abel Xavier (2007–2008), Robbie Keane (2011-sekarang, Landon Donovan (masih aktif) dan David Beckham (2007-sekarang) pernah membela LA Galaxy.

Kini, simbo kejayaan sepakbola kota Los Angeles berupa trofi-trofi juara tersimpan rapi di Markas LA Galaxy, The Home Depot Center, Carson, California. Setiap tahun trofi yang tersimpan terus bertambah, mengingat LA Galaxy telah menjadi kekuatan utama sepakbola AS. Tahun 2011 ini, David Beckham dkk berhasil menjadi juara MLS untuk kali ketiga.

 

Courtesy of Youtube

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement