Friday, 4 Rajab 1441 / 28 February 2020

Friday, 4 Rajab 1441 / 28 February 2020

Awas! Radikalisme Mulai Menjalar ke Sekolah

Rabu 16 Nov 2011 10:52 WIB

Red: Stevy Maradona

Siswa SMA, ilustrasi

Siswa SMA, ilustrasi

Foto: Antara

REPUBLIKA.CO.ID, BANDARLAMPUNG-- Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) menyatakan, gerakan Terorisme dan radikalisme mulai berani memasuki dunia pendidikan. Ini harus disikapi serius oleh kalangan yang mengurusi bidang tersebut.

"Apabila tidak diwaspadai dan ditangani dengan benar, gerakan tersebut dapat melahirkan teroris-teroris baru dari kalangan terdidik dan terpelajar," kata Sekretaris Utama BNPT Marsekal muda Chaerul Akbar, di Bandarlampung, Rabu.

Menurut dia, gerakan separatisme dan radikalisme dapat masuk dan menyusup ke dalam dunia pendidikan melalui bungkus fanatisme agama.

Dia menjelakan, dapat masuknya gerakan radikal yang berujung pada terorisme ke dunia pendidikan dengan leluasa merupakan kegagalan pendidik dalam melaksanakan fungsi tugasnya, karena kurangnya pembekalan terhadap guru terkait hal tersebut.

"Guru sebagai garda terdepan memiliki kewajiban moral untuk mengajar dan mendidik muridnya berprilaku baik, perlu dibekali bagaimana mengantisipasi hal tersebut," kata dia.

Menurut dia, peran guru perlu direvitalisasi untuk mencegah murid dan mahasiwanya disusupi oleh gerakan tersebut.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA