Jumat 11 Nov 2011 17:00 WIB

SEA Games Tiga Kali Batal

Federasi SEA Games
Federasi SEA Games

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA - Saat masih bernama South East Asia Peninsular (SEAP) Games, perhelatan South East Asia (SEA) Games pernah dua kali batal. Kamboja dan Laos, yang ditunjuk sebagai tuan rumah, tidak sanggung menggelar perhelatan dua tahunan tersebut.

Pertama adalah Kamboja (Cambodia) yang sedianya menjadi tuan rumah SEAP Games III-1963. Rencana tersebut gagal akibat perselisihan paham antara negara penyelenggara dengan International Amateur Athletic Federation.

Karena penentuan tuan rumah berdasarkan abjad, maka pengganti Kamboja otomatis adalah Laos. Tapi, Laos pun akhirnya juga batal menjadi tuan rumah SEAP Games III meski waktu persiapannya sudah diundur dua tahun. Laos menyatakan tidak mampu menjadi tuan rumah sehingga digantikan oleh Malaysia yang menggelar SEA Games III pada 1965.

Kamboja kembali diberi kesempatan untuk menjadi tuan rumah setelah kesempatan pertamanya gagal. Mereka ditunjuk sebagai tuan rumah SEAP Games IV-1967.

Namun, Kamboja pada Februari 1967 menari diri dari Federasi SEAP Games sehingga tidak dapat memenuhi ketentuan sebagai tuan rumah. Jatah Kamboja akhirnya digantikan oleh Thailand.

sumber : berbagai sumber
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement