Sabtu 05 Nov 2011 13:52 WIB

Indonesia Optimis Sumbang Dua Emas di Sepak Takraw

Sepak takraw (ilustrasi)
Foto: Antara/Iggoy el Fitra
Sepak takraw (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, KENDARI - Skuad sepak takraw Indonesia optimistis mampu mewujudkan target dua medali emas pada SEA Games XXVI.

Manajer sepak takraw Indonesia Usep Sapruddin melalui telepon dari Palembang, Sabtu, mengatakan bahwa prediksi dua medali emas diharapkan dari nomor "double iven" (sepak takraw dua pemain, red) putra dan putri.

"Target perolehan dua medali emas bagi skuad sepak takraw Indonesia sejalan dengan target dari KONI Pusat dan Kemenpora," kata Usep yang juga ketua harian PB PSTI.

Ia mengatakan anak-anak sudah berada dalam keadaan siap mental dan fisik untuk menjajal lawan-lawannya.

"Para atlet memohon dukungan doa pecinta sepak takraw di seluruh Indonesia agar senantiasa memiliki kepercayaan diri dalam bertanding," kata Usep.

Atlet, pelatih dan pendamping cabang sepak takraw mengakui bahwa mewujudkan target dua medali emas dari nomor "double event" tidak semudah yang dibayangkan karena akan mendapat pesaingan berat dari Myanmar, Laos dan Vietnam.

Pada nomor "double event" putra bermaterikan pasangan terbaik Abrian/Novrisal dan pasangan putri Mega/Rike.

Sedangkan pada nomor pertandingan tim dan nomor regu putra dan putri, tuan rumah akan dihadang kekuatan dominan dari Thailand dan Malaysia.

"Bukan tidak percaya diri menghadapi Thailand dan Malaysia pada nomor tim dan regu tetapi Indonesia rasional mengamati kekuatan dua negara tersebut," katanya.

Pada prinsipnya pemain-pemain Indonesia yang sudah menjalani pemusatan latihan nasional kurun waktu sembilan bulan sudah siap menghadapi lawan-lawan mereka.

Meskipun cabang sepak takraw menargetkan perolehan dua medali emas namun atlet diimbau tidak ikut terbebani dengan target tersebut.

"Namanya kompetisi dalam dunia olahraga harus ada target yang dicanangkan sebagai evaluasi pembinaan yang dilakukan bertahun-tahun," tambah Usep.

Mengenai "venue" cabang sepak takraw di gedung Sriwijaya Promotion Center Palembang, Sumsel sudah siap untuk digunakan sebagai arena penyelenggaraan SEA Games.

Pada SEA Games XXV tahun 2009 lalu, cabang sepak takraw menyumbangkan lima medali perunggu bagi tim Merah Putih.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement