Jumat 04 Nov 2011 22:11 WIB

Banjir Thailand Tunda Peluncuran Honda Civic Terbaru di Eropa

Rep: Amri Amrullah/ Red: Chairul Akhmad
 Honda Civic Hybrid salah satu varian mobil andalan Honda (ilustrasi).
Foto: AP
Honda Civic Hybrid salah satu varian mobil andalan Honda (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Produsen Honda akan menunda peluncuran jenis mobil kompak (sedan buntung) hatchback Civic terbarunya di Eropa. Hal itu dikarenakan semakin menipisnya suku cadang mobil tersebut akibat banjir di Thailand.

"Kami melihat situasi rantai pasokan suku cadang kian kritis. Sekarang kita takut pengenalan Civic baru akan tertunda tiga sampai empat pekan," kata Manager Corporate Affairs Honda Eropa, John Kingston, sebagaimana dilansir Automotive News Europe, Jumat (4/11).

Honda Civic termasuk model dengan penjualan terbaik di Eropa. Meskipun beberapa waktu belakangan ini penjualan Civic akan terkejar oleh Honda Jazz pada akhir tahun. Pabrik perakitan Honda Civic di Eropa berada di Swidon, Inggris selatan.

Awal pekan ini, sumber dari Honda Eropa mengatakan akan mengurangi produksi di Swindon, karena beberapa pemasok komponen dari Thailand tidak mampu mempertahankan produksinya karena banjir. Akibatnya, penghentian produksi komponen di Thailand ini berimbas pada aliran operasional produksi di Eropa dan kawasan lainnya.

Honda berencana memulai peluncuran generasi kesembilan Civic Eropa di Inggris dan Jerman pada akhir Januari 2012. Dan pada akhir Februari 2012 diharapkan pengiriman ke berbagai negara Eropa sudah dimulai.

Dalam sembilan bulan di tahun 2011, penjualan Civic di Eropa Barat tercatat turun 29 persen menjadi 27.882 unit. Begitu pula penjualan Jazz yang melorot 15 persen menjadi 38.422 pada periode yang sama.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement