Ahad 23 Oct 2011 12:24 WIB

Ilmuwan Matematika Perancis Dapat Penghargaan dari ITB

Rep: Ahmad Islamy Jamil/ Red: Djibril Muhammad

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG - Ilmuwan matematika asal Perancis, Cedric Villani (38), mendapat anugerah Ganesha Widya Jasa dari Institut Teknologi Bandung (ITB).

"Jasa Villani di bidang matematika dan fisika sangat besar," ujar guru besar ITB, Edy Tri Baskoro, di sela-sela acara 'The Fifth International Conference on Research and Education in Mathematics' (ICREM 5), di Kampus ITB, Sabtu (21/10).

Villani merupakan peraih Fields Medal 2010. Fields Medal adalah penghargaan tertinggi di bidang matematika yang diberikan empat tahun sekali pada forum 'International Congress of Mathematical Union'.

"Di kalangan matematikawan dunia, Fields Medal sejajar dengan Nobel," terang Edy yang juga ketua panitia ICREM 5.

Villani memberikan kontribusi besar di bidang 'persamaan diferensial parsial' dan fisika matematika. Kontribusinya di kedua bidang tersebut berkaitan dengan mekanika statistika dan dinamika gas.

Dalam karya-karyanya bersama dengan Guiseppe Toscani, Laurent Desvillettes dan Clement Mauhot, Villani telah memberikan landasan matematika yang kokoh untuk konsep entropi. Karya-karyanya tersebut sekaligus memberikan pemahaman yang lebih mendalam atas proses-proses fisika yang melibatkan entropi.

Entropi sendiri merupakan sebuah ukuran ketakteraturan sebuah sistem, dan menjadi tonggak penting bagi perkembangan fisika modern.

Kontribusi Villani memang berawal di bidang matematika. Namun sumbangannya tersebut tidak saja dipakai untuk menyelesaikan beberapa masalah di matematika, melainkan juga fisika. "Oleh karenanya, dia berhasil memperkokoh jembatan antara matematika dan fisika," ujar Edy.

Cedric Villani lahir di Perancis pada 1973. Ia menjadi mahasiswa di Ecole Normale Superieriure dari 1992 hingga 1996. Dua tahun kemudian, Villani berhasil menyelesaikan studi doktornya di Paris Dauphine University.

Di usianya yang masih sangat muda, yaitu 27 tahun, Villani menjadi profesor di Ecole, yang merupakan almamater tempat dia memperoleh sarjananya dulu.

Sebelum memenangkan Fields Medal, Villani juga pernah memperoleh beberapa penghargaan prestisius lain. Di antaranya adalah Henri Poincare Prize (2009), Fermat Prize (2009) dan Prize of the European Mathematical Society (2008).

Anugerah Ganesha Widya Jasa untuk Villani diserahkan langsung oleh Rektor ITB pada Sabtu (22/10). Selain menerima anugerah dari ITB, Villani juga akan menyampaikan orasi ilmiah di depan ratusan matematikawan dari berbagai negara di Aula Barat ITB.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement