Jumat 21 Oct 2011 09:29 WIB

Asyik! Jadi Guru Teladan Bisa Jalan-Jalan ke Australia Loh

Australia, ilustrasi
Australia, ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, LIWA-- Sumarlan (42) guru teladan dari Kabupaten Waykanan, Lampung dipercaya Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia untuk studi banding ke Australia. "Kabar baik bagi pendidikan di Waykanan baru saja kami terima, Bapak Sumarlan guru teladan kita, mau dikirim studi banding ke Australia oleh Kemendikbud. Kita berharap mampu memotivasi tenaga didik di sini untuk meningkatkan kualitas. " terang Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Waykanan Gino Vanollie di Blambanganumpu, Waykanan yang berada sekitar 200 km utara Kota Bandarlampung, Jumat.

Rencana Kemendikbud yang akan mengirim Sumarlan studi banding ke luar negeri, ujar Gino saat dihubungi dari Liwa, Lampung Barat, diharapkan tidak saja berdampak positif bagi individu, namun juga bagi seluruh tenaga didik di daerah yang masih termasuk tertinggal di Provinsi Lampung itu.

"Hal tersebut harus diapresiasi semua pihak yang berkompeten dengan pendidikan termasuk pengambil kebijakan, semoga bisa memacu semangat dan menjadi inspirasi bagi guru dan kepala sekolah yang lain di Waykanan," tegasnya seraya menegaskan kemajuan ditentukan oleh kemauan.

Sumarlan, pria kelahiran Pacitan, Jawa timur 14 Oktober 1969 ialah guru SDN Tiuhbalak Pasar, Kabupaten Waykanan.

Pada Rabu (6/7), ia ditetapkan Dinas Pendidikan Provinsi Lampung sebagai guru teladan bersama tiga guru lain serta empat kepala sekolah dari 14 kabupaten/kota di daerah itu yang mewakili Provinsi Lampung ke tingkat nasional pada kompetisi "Guru Teladan Nasional, 12-18 Juli 2011 lalu.

Ayah Puput Anjar Pratiwi (13) dan Lisnuria Nabila (6) tersebut berkeyakinan pendidikan bukan proses instan.

Kepada ANTARA, Sumarlan menyatakan menjadi guru harus rajin membaca, menambah wawasan, tekun, sabar dan senantiasa mengikuti perkembangan.

"Proses tersebut tidak lelah saya tekuni, terlepas saya tidak menjadi guru teladan. Saya menyadari itu," ujar suami Dian Haning Suprapti (38) itu

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement