Senin 17 Oct 2011 22:31 WIB

Dari 1.000 Warga Jabar, Hanya Satu Yang Suka Baca

Minat baca harus ditumbuhkan sejak dini/ilustrasi
Foto: rol
Minat baca harus ditumbuhkan sejak dini/ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID,BANDUNG - Kepala Badan Perpustakaan dan Kearsipan Daerah (Kabapusipda) Jawa Barat, Enny Heryani Ratnasari, mengatakan minat baca masyarakat di Jawa Barat hanya menunjukan angka 0,01 persen. Itu berarti tingkat minat baca masyarakat Jabar sangat minim.

"Kalau diibaratkan ada 1.000 warga Jabar, itu berarti hanya satu orang dari 1.000 warga yang minat untuk membaca dalam satu buku saja," kata Enny di Bandung, Senin.

Ia mengatakan hal tersebut terjadi karena kurangnya sosialisasi membaca kepada masyarakat. Sehingga, budaya membaca di masyarakat masih belum tersebar secara merata.

"Kami melakukan upaya untuk meningkatkan minat baca dengan sering menggelar acara seperti menggelar perpustakaan lapangan di Tegalega, Sabuga dan 'car free day','' katanya. "Itu rutin kita lakukan setiap akhir pekan saat warga berkunjung ke tempat ramai. Hal ini ternyata mendapat antusias yang cukup besar dari warga masyarakat."

Selain itu, pihaknya secara berkala melakukan "roadshow" untuk mensosialisasikan budaya membaca kepada masyarakat di Jawa Barat. Program tersebut sudah dilakukan sejak 2010.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement