Jumat 14 Oct 2011 13:11 WIB

Empat Hari Lagi, Balita DKI Diimunisasi Gratis

Rep: Nawang Fatma Putri/ Red: Johar Arif
Balita diimunisasi
Foto: Antara
Balita diimunisasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Sebanyak 990.753 bayi usia nol hingga lima tahun di DKI akan mendapatkan pelayanan vaksinasi polio dan campak gratis mulai Rabu (18/10) mendatang. Program pemberian vaksin gratis ini akan dilaksanakan sebulan penuh.

“Pemberian vaksin ini akan dilakukan di Pos PIN (Pekan Imunisasi Nasional) yang ada di beberapa rukun warga (RW), terminal, stasiun, maupun lembaga PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) di semua wilayah Jakarta,” ujar Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta, Dien Emmawati, Jumat (14/10). Pihaknya juga memberikan pelayanan kesehatan gratis, bagi anak yang demam usai imunisasi di pos PIN.

Vaksin gratis ini juga dapat diperoleh di tempat praktik dokter dan rumah sakit. “Namun untuk pemberian vaksin di rumah sakit dan praktik dokter ada penarikan biaya jasa dokter, meski biaya vaksinnya sendiri gratis,” tambah Dien.

Vaksinasi mencakup pemberian 529.265 vaksin polio bagi balita berusia nol hingga lima tahun dan vaksin campak bagi balita usia 9 sembilan bulan hingga lima tahun. Semua biaya yang digunakan untuk pemberian vaksin gratis ini ditanggung oleh Kementerian Kesehatan.

“Polio dan campak itu termasuk penyakit yang cukup membahayakan. Lebih baik mencegah, dengan penerapan pola hidup sehat melalui vaksinasi, daripada bertindak setelah sakit,” ujar Dien.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement