Sabtu 01 Oct 2011 18:41 WIB

Tembus Dominasi Repsol, Stoner Start Urutan Pertama

Rep: irfan fitrat/ Red: taufik rachman

REPUBLIKA.CO.ID,MOTEGI—Untuk keempat kalinya secara beruntun, Pebalap Repsol Honda, Casey Stoner kembali meraih posisi terdepan sesi balapan MotoGP di Sirkuit Twin Ring Motegi, Jepang. Ini juga merupakan pole position kesepuluh Stoner selama musim ini.

Pada sesi kualifikasi terakhir yang dilakukan di Motegi, Sabtu (1/10), Stoner berhasil mencatatkan waktu tercepat 1 menit 45,267 detik untuk meraih posisi terdepan. Dengan raihan itu, Stoner berhasil mengungguli rival beratnya Jorge Lorenzo yang hanya terpaut 0,256 detik dari catatan waktunya.

Lorenzo menjadi satu-satunya pembalap Yamaha yang mampu menembus dominasi Repsol Honda di posisi depan. Di belakang pembalap asal Spanyol ini, muncul nama Andrea Dovizioso yang menempati posisi ketiga dan Dani Pedrosa di posisi berikutnya. Hasil kualifikasi kedua pebalap Honda itu hanya terpaut tak lebih dari satu detik dibandingkan Lorenzo.

Rekan satu tim Lorenzo, Ben Spies akan menguntit di posisi kelima. Dalam sesi kualifikasi, pebalap Yamaha ini terpaut 0,775 detik dari catatan waktu Stoner. Sedangkan pebalap Italia, Marco Simoncelli mengisi posisi berikutnya di bawah Spies dengan catatan waktu waktu 1 menit 46,211 detik.

Sementara itu, Valentino Rossi harus puas menempati posisi ketujuh untuk memulai balapan di Motegi. Dengan Ducati Desmosedici miliknya, The Doctors hanya mampu mencatat waktu 1 menit 46,467 detik. Di belakang Rossi, muncul nama-nama Alvaro Bautista dan Hector Barbera. Sedangkan rekan satu tim Rossi, Nicky Hayden, akan memulai start di posisi kesepuluh.

Pada kualifikasi di Motegi ini, selain meraih pole position, Stoner juga sukses memecahkan rekor tercepat yang juga berhasil dicatat olehnya. Sebelumnya, pebalap asal Australia ini berhasil melibas Motegi dengan catatan waktu 1 menit 46,0523 detik. Namun, dengan catatan 1 menit 45,267 detik pada sesi akhir kualifikasi, Sabtu siang, Stoner akhirnya berhasil mencatatkan rekor baru.

Dengan pole position ini, kesempatan Stoner untuk menempati podium pertama semakin besar. Saat ini, Stoner masih berada di posisi teratas klasemen sementara MotoGP dengan 284 poin. Di empat seri tersisa, termasuk seri di Motegi, Stoner masih unggul 44 angka dari pesaing terdekatnya, Lorenzo. Jika berhasil menjuarai balapan akhir pekan ini, kesempatan Stoner untuk kembali menjadi juara dunia semakin terbuka.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement