Monday, 15 Safar 1441 / 14 October 2019

Monday, 15 Safar 1441 / 14 October 2019

Negara Berkembang Tawarkan Pelajaran Bagi AS

Kamis 29 Sep 2011 08:26 WIB

Red: Krisman Purwoko

REPUBLIKA.CO.ID,WASHINGTON--Negara-negara berkembang (emerging economies) memiliki pelajaran penting seperti disiplin fiskal dan investasi dalam pendidikan yang Amerika Serikat harus kembali belajar, Ketua Federal Reserve AS Ben Bernanke mengatakan Rabu.

"Negara-negara maju seperti Amerika Serikat harus melakukan dengan baik untuk kembali mempelajari beberapa pelajaran dari pengalaman dari negara-negara berkembang," katanya dalam sebuah pidato di Cleveland, Ohio, yang teksnya diberikan kepada media.

Ketua The Fed mencatat disiplin fiskal, melakukan investasi publik yang diperlukan, peningkatan pendidikan dan teknologi, serta peraturan yang mendorong pertumbuhan serta inovasi tetap menjaga stabilitas keuangan sebagai kekuatan penting dari negara berkembang.

"Kerangka pembangunan yang berhasil harus memperhitungkan bahwa kegiatan seperti adaptasi teknologi canggih dan memanfaatkan (dari) skala ekonomi seringkali penting untuk pertumbuhan ekonomi dan bergantung pada kondisi institusional setempat, seperti tenaga kerja yang berpendidikan, harus sepenuhnya efektif," katanya.

Politisi AS sedang berseteru tentang perlunya untuk memotong pengeluaran di berbagai tingkatan pemerintah versus perlunya berinvestasi dalam pendidikan, infrastruktur dan penciptaan lapangan pekerjaan.

sumber : antara/AFP
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA