Sunday, 11 Jumadil Akhir 1442 / 24 January 2021

Sunday, 11 Jumadil Akhir 1442 / 24 January 2021

Mewajibkan Fortifikasi Vitamin A pada Minyak Goreng

Rabu 21 Sep 2011 08:47 WIB

Rep: Rosita Budi Suryaningsih / Red: Didi Purwadi

Minyak goreng (ilustrasi)

Minyak goreng (ilustrasi)

Foto: Republika/Edwin Dwi Putranto

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA - Tahun 2011 ini, sudah dilakukan perintisan fortifikasi Vitamin A ke dalam minyak goreng secara sukarela. Dua perusahaan minyak goreng telah banyak membantu memberikan gizi yang lebih baik bagi masyarakat Indonesia.

“Sudah ada dua perusahaan minyak besar yang melakukannya,” ujar Ketua Koalisi Fortifikasi Indonesia (KFI), Prof. Soekirman. “Mereka diberi penghargaan oleh Menteri Kesehatan.''

Program fortifikasi vitamin A pada minyak goreng ini diharapkan akan ditingkatkan menjadi fortifikasi wajib ditahun-tahun mendatang. Pada tahun 2013, rencananya semua perusahaan minyak goreng harus sudah melakukannya.

Minyak goreng yang ditambahkan vitamin A adalah minyak goreng yang diperoleh dari kelapa sawit. Karena dalam proses penjernihan minyak kelapa sawit ini, nutrisinya banyak yang hilang. Untuk itu, minyak goreng kelapa sawit perlu ditambahkan lagi vitamin A.

Sedangkan untuk minyak goreng yang berasal dari kelapa, itu tidak perlu ditambahkan vitamin. “Karena, nilai vitamin A disana sudah banyak,” tutur Soekirman.

Minyak kelapa sawit yang diberi tambahan vitamin A ini akan diberikan pada seluruh minyak yang beredar di masyarakat. Itu baik minyak curah maupun minyak kemasan industri.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA