Senin 19 Sep 2011 14:47 WIB

Di Bekasi, Jalur Sepeda Malah Rawan Celaka

Rep: c25/ Red: Siwi Tri Puji B
Bersepeda fixie (ilustrasi)
Foto: zonasepeda.com
Bersepeda fixie (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, BEKASI - Meski disambut baik masyarakat dan beberapa komunitas pesepeda, jalur khusus sepeda di sepanjang jalan protokol Kota Bekasi malah rawan kecelakaan. Sebab, jalur tersebut masih menggunakan garis putus-putus untuk memisahkan median jalan.

Humas Komunitas pesepeda Rombongan Bekasi (Robek) Robek, Pramudya Ade mengatakan, jalur sepeda dari Jalan Ahmad Yani sampai simpang Pekayon itu memang memiliki sejumlah titik rawan kecelakaan. Menurutnya, titik rawan terdapat di depan Bekasi Cyber Park, dan di sisi Stadion Patriot Bekasi. "Banyak angkot yang mengetem di jalur sepeda tersebut," ujarnya.

Meski begitu, jalur sepeda sepanjang dua kilometer itu disambut baik salah satu komunitas pesepeda di Kota Bekasi itu. Pihaknya mengapresiasi kinerja pemerintah dalam mewujudkan jalur pesepeda itu untuk melanjutkannya ke lintasan-lintasan yang lain.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Bekasi, Soepandi Budiman mengatakan, jalur sepeda tersebut memang sengaja dibuat dengan garis putus-putus. Hal itu sebagai pelengkap fasilitas publik. "Jadi mobil dan motor bisa memakai jalur itu," ujarnya.

Soepandi mengatakan, jika jalur tersebut menjadi rawan kecelakaan, pihaknya akan mengevaluasi sejauhmana keefektifitasan jalur sepeda tersebut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement