Friday, 9 Rabiul Akhir 1441 / 06 December 2019

Friday, 9 Rabiul Akhir 1441 / 06 December 2019

Tertawa...Obat Mujarab Penghilang Rasa Sakit Berharga Murah

Rabu 14 Sep 2011 15:58 WIB

Red: Siwi Tri Puji B

Tertawa bersama. Ilustrasi

Tertawa bersama. Ilustrasi

Foto: h2daily.com

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON - Ingin terbebas dari rasa sakit? Tertawalah bersama rekan-rekan Anda. Tawa yang tulus dan spontan menghasilkan zat kimia serupa opium yang akan membajiri otak sehingga mampu mereduksi rasa sakit, demikian hasil penelitian di Inggris.

Dalam penelitian itu, sejumlah responden diminta menonton dua tayangan televisi yang bertolak belakang, yaitu acara humor mulai dari Mr bean hingga miniseri Friends. Yang lain menonton acara 'serius' macam golf dan program kehidupan di alam liar.

Tes lainnya dilakukan atas responden lain di  Edinburgh Fringe Festival, dimana mereka menonton acara komedi secara langsung atau drama teatrikal.

Pada saat yang sama, mereka diukur tingkat resistensinya terhadap rasa sakit.

Hanya dalam 15 menit, mereka yang tertawa mampu mentoleransi rasa sakit hingga 10 persen dibandingkan mereka yang tak tertawa. "Mereka yang tertawa sekitar tiga kali atau lebih menunjukkan toleransi yang tinggi pada rasa sakit," kata Robin Dunbar, pimpinan the Institute of Social and Cultural Anthropology pada University of Oxford yang memimpin penelitian.

Proteksi atas rasa sakit datang dari endorfin, suatu senyawa kimia yang kompleks yang membantu mengirimkan pesan antar neuron, yang menumpulkan sinyal sakit secara fisik dan psikologik. Endorfin yang dihasilkan saat tertawa juga bisa dihasilkan saat fisik melakukan olahraga seperti berlari, berenang, dan yoga.

Baca selengkapnya di sini

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA