Selasa 13 Sep 2011 19:25 WIB

Try Sutrisno MInta Kerusuhan Ambon tidak di-Blow Up

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Mantan Wakil Presiden Try Sutrisno meminta kasus kericuhan di Ambon, Maluku untuk tidak dibesar-besarkan. Karena justru akan berpotensi menimbulkan perpecahan yang lebih besar.

"Jangan sampai masalah ini di 'blow up', ditunggangi, apalagi diprovokasi sehingga menjadi perpecahan yang besar. Apalagi kalau sampai menyangkut suku dan agama," kata Try Sutrisno usai menghadiri diskusi 'Indonesia ke Depan Masih Ada Harapan' di Forum Komunikasi Purnawirawan dan Polri di Jakarta, Selasa (13/9).

Menurut Try, bangsa Indonesia tak memiliki tradisi perpecahan karena dari dulu masyarakat Indonesia toleran, saling menghargai, dan saling mencintai. Oleh karena itu, dirinya menyayangkan sampai terjadi kericuhan di Ambon. "Berkelahi itu biasa tapi jangan di-blow up, jangan mudah diadu," ujarnya.

Try juga meminta media massa untuk tidak memberitakan kericuhan Ambon yang justru memanaskan situasi. Sementara itu, mantan Ketua Asosiasi Pemerintahan Provinsi Seluruh Indonesia (APPSI), Sutiyoso mengatakan pemerintah daerah dan aparat kepolisian yang ada di Ambon (Muspida) perlu menemukan formula yang tepat agar kasus tersebut tidak terulang kembali.

Ia pun tidak menyangka kericuhan di Ambon kembali terjadi setelah kerusuhan terjadi di Malino pada 1999 lalu. Menurut Sutiyoso, aparat kepolisian setempat harus mencari para provokator yang menyebabkan terjadi kericuhan di Ambon, karena kasus kericuhan yang terjadi tak jauh dari pelibatan provokator.

"Aparat harus bekerja keras untuk menemukan para provokator itu dan harus diberikan tindakan hukum yang berat agar tidak mengulanginya lagi," imbuhnya. Kericuhan di Ambon itu berawal dari tewasnya seorang tukang ojek yang mengakibatkan timbulnya salah paham.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement