Puncak Arus Balik di Bandara Soekarno-Hatta Mencapai 150 Ribu Penumpang

Rep: c09/ Red: Krisman Purwoko

 Ahad 04 Sep 2011 15:18 WIB

REPUBLIKA.CO.ID,CENGKARENG--Puncak arus balik di Bandara Soekarno Hatta (Suta) pada H+4, Minggu (4/9) diprediksi bisa mencapai 150 ribu penumpang. Jumlah tersebut jauh lebih banyak dibanding puncak arus balik tahun lalu yang hanya mencapai 130 ribu penumpang.

"Kenaikan jumlah penumpang pada puncak arus balik tahun ini mengalami kenaikan sekitar 16 persen," ungkap Officer in Charge Kaposko Lebaran Bandara Suta, Jaya Tahoma Sirait kepada Republika, Minggu (4/9). Jumlah penumpang yang diprediksikan pada puncak arus balik ini jumlahnya tidak jauh berbeda dengan puncak arus mudik pada H-4, Jumat (26/8) yang jumlahnya mencapai 148 ribu penumpang. Walau begitu, prediksi untuk puncak arus balik bisa lebih banyak karena pada terminal kedatangan, biasanya mulai mengalami keramaian di atas jam 15.00 WIB.

Diungkapkan Jaya, hari ini merupakan puncak arus balik, namun diprediksikan pada H+5, Senin (5/9) jumlah penumpang juga masih akan banyak. Jumlah penumpang pada H+5, Senin (5/9) diperkirakan masih bisa mencapai 135-140 ribuan penumpang. Sedangkan pada H+3 yang jatuh pada hari Sabtu (3/9), jumlah penumpang mencapai sekitar 140 ribu orang.

Pada arus balik ini, baik dari terminal kedatangan maupun keberangkatan keduanya tampak padat. Kepadatan di terminal keberangkatan biasanya didominasi oleh para pekerja yang bekerja di luar Jakarta. Sebaliknya, di terminal kedatangan, penumpang didominasi oleh pekerja yang bekerja di Kota Jakarta yang mayoritas sudah masuk hari kerja pada hari Senin (5/9).

"Hari ini, jumlah penerbangan bisa mencapai sekitar seribu penerbangan," tambah Jaya. Melihat banyaknya lalu lintas armada penerbangan, Jaya menambahkan bahwa setiap harinya pasti ada armada yang mengalami keterlambatan. Terlebih, muatan bandara Suta sebenarnya kurang dari seribu armada per harinya. "Namun, kami telah melakukan antisipasi dengan melakukan koordinasi dengan semua pihak. Sehingga, keterlambatan pesawat dapat diminimalisir," tambahnya.

Dari pantauan Republika, keramaian di terminal kedatangan 1 B Bandara Suta terlihat jauh lebih ramain dibandingkan pada arus mudik. Sedangkan di terminal keberangkatan, suasana terlihat tak jauh berbeda dengan arus mudik. Salah seorang pemudik dari Pangkal Pinang, Erna Susanti (37 tahun) yang baru tiba di terminal kedatangan 1 B Bandara Suta mengaku memilih pulang hari ini karena anak bungsunya yang bersekolah di Sekolah Dasar di daerah Serpong sudah mulai masuk pada hari Senin (5/9). 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini

Berita Lainnya

Play Podcast X