Tuesday, 13 Jumadil Akhir 1442 / 26 January 2021

Tuesday, 13 Jumadil Akhir 1442 / 26 January 2021

Perbedaan Lebaran Hanya Soal Tafsir Dalam Hilal

Senin 29 Aug 2011 18:11 WIB

Rep: C24 / Red: Djibril Muhammad

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR - Jamaah Muhammadiyah Kota Bogor akan merayakan Iedul Fitri 1432 H pada Selasa, 30 Agustus 2011. Keputusan ini diambil berdasarkan Maklumat Pengurus Pusat Muhammadiyah Nomor 375/MLM/I.0/2011 yang menetapkan tanggal 1 Syawal jatuh pada Selasa, 30 Agustus 2011.
 
Demikian disampaikan oleh Ketua Pimpinan Muhammadiyah Kota Bogor, Didin S. Bukhori kepada Republika. "Jamaah Muhammadiyah akan merayakan 1 Syawal pada Selasa besok," ujarnya Senin Siang (29/8).

Warga Muhammadiyah Kota Bogor direncanakan akan melaksanakan Shalat Iedul Fitri di Lapangan Sempur, Bogor pada pukul 06.30 WIB. Bertindak sebagai imam dan pembaca khutbah Shalat Iedul Fitri, Didin S. Bukhori.

Dalam khutbahnya Didin akan mengangkat tema 'Menata Kehidupan Menuju Kebangkitan'. Menurut Didin, momentum 17 Agustus yang jatuh pada bulan suci Ramadhan tahun ini seolah hendak meneguhkan bahwa Ramadhan, seperti halnya peringatan 17 Agustus 1945, adalah bulan perjuangan dan kemenangan. "Kita harus banyak bersyukur atas nikmat Allah SWT dengan tidak bermalas-malasan," ujarnya.

Sementara itu, terkait kemungkinan adanya perbedaan dalam perayaan 1 Syawal 1432 H di antara masyarakat muslim, Didin menyatakan hal ini merupakan sesuatu yang lumrah. Dia meminta masyarakat untuk tetap menjaga persatuan dan ukhwah islamiyah.

"Ini hanya perbedaan tafsir dalam menentukan hilal, tidak perlu dibesar-besarkan. Intinya kita semua sama-sama ingin membesarkan agama Allah," tuturnya.

Sekretaris Muhammadiyah Kota Bogor, Denny Lubis, mengatakan pihaknya telah menginformasikan keputusan Pengurus Pusat Muhammadiyah kepada warga Muhammadiyah di Kota Bogor. "Para jamaah Muhammadiyah sudah diinformasikan melalui Media TV, cetak, sms, dan spanduk-spanduk," katanya.

Dia memperkirakan sekira 10.000 jamaah Muhammadiyah dari daerah Bogor dan sekitarnya akan memadati Lapangan Sempur untuk menjalankan Shalat Idul Fitri berjamaah.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA