Wednesday, 10 Rabiul Akhir 1442 / 25 November 2020

Wednesday, 10 Rabiul Akhir 1442 / 25 November 2020

Meski Lebaran, Seribu Kuli Bangunan SEA Games Tetap Bekerja

Jumat 26 Aug 2011 15:32 WIB

Rep: Maspril Aries/ Red: Djibril Muhammad

Sea Games 2011

Sea Games 2011

REPUBLIKA.CO.ID, PALEMBANG - Selama masa perayaan Idul Fitri 1432 H, para pekerja pembangunan venues (arena pertandingan) SEA Games XXVI di kompleks olahraga Jakabaring Sports City (JBC) akan tetap bekerja. Kepala Biro Humas dan Protokol Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan (Pemprov Sumsel) Robby Kurniawan Jumat (26//8) mengatakan, "ada sekitar 1000 orang pekerja pembangunan venues SEA Games akan tetap bekerja meskipun mereka tengah merayakan hari raya Idul Fitri 1432 H."

Para pekerja tersebut tidak mudik para hari raya Idul Fitri tersebut sekaligus memenuhi permintaan Menteri Pemuda dan Olahraga Andi Mallarangeng saat berkunjung ke Palembang, Rabu (24/8) dan meminta para pekerja menunda masa libur mereka hingga proyek SEA Games selesai dikerjakan.

Menurut Robby Kurniawan, kepada para pekerja tersebut Gubernur Alex Noerdin akan memberikan apresiasi atas kesedian pekerja untuk tetap masuk kerja meskipun tengah berlebaran. "Salah satu bentuk apresiasi yang ditunjukkan Gubernur adalah dengan mengundang secara khusus seluruh pekerja untuk berlebaran bersama di Griya Agung kediaman resmi Gubernur Sumsel pada lebaran hari pertama," tuturnya.

Gubernur Sumsel direncanakan menyediakan waktu sekitar tiga jam untuk berlebaran bersama para pekerja komplek JBC. Setelah itu baru Alex Noerdin akan berlebaran bersama keluarga dan kerabatnya. "Pada open house hari pertama Idul Fitri adalah khusus bagi tamu khusus Gubernur Sumsel termasuk para kekerja venues yang jumlahnya mencapai 1000 orang." Kata Robby.

Sementara itu Agung Sugiono, Manajer Proyek lapangan tembak dari PT. Prambanan Dwipangka membenarkan sebagian besar anak buahnya tetap bekerja pada hari raya. Bahkan ia berjanji akan menambah sekitar 500 pekerja lagi untuk mengejar target penyelesaian sebelum 30 September 2011.

Sebagian besar pekerja proyek lapangan tembak berasal dari Jawa Barat, Jawa Tengah dan sebagian kecil penduduk Palembang. "Saat ini PT Prambanan Dwipangka masih menyisahkan pekerjaan sekitar 30 persen. Prambanan diberi tenggat waktu hingga akhir bulan depan. Karena lapangan tembak akan digunakan untuk keperluan test event pada awal Oktober dan PB Perbakin akan menggunakan venues tersebut sebagai tempat latihan para petembak tim nasional Indonesia," kata Agung Sugiono.

Seorang pekerja Afrianto, 40 tahun yang berasal dari pekalongan Jawa Tengah mengatakan, dirinya bersama pekerja lainnya diminta untuk tetap bekerja pada hari raya. Dengan kondisi itu, menurut Afrianto walau jauh dari keluarga, dirinya tetap akan tetap terhibur karena banyak pekerja lainnya yang bernasib sama, tetap bekerja di perantauan walau dalam suasana Idul Fitri.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA