Monday, 25 Jumadil Awwal 1441 / 20 January 2020

Monday, 25 Jumadil Awwal 1441 / 20 January 2020

Arab Saudi Tahan Perempuan yang Nyetir Mobil di Bulan Ramadhan

Jumat 26 Aug 2011 15:20 WIB

Red: Djibril Muhammad

Perempuan Arab Saudi saat menyetir mobilnya sendiri

Perempuan Arab Saudi saat menyetir mobilnya sendiri

REPUBLIKA.CO.ID, ARAB SAUDI - Otoritas Saudi telah menahan seorang aktivis perempuan yang menentang larangan bagi perempuan mengemudikan mobilnya sendiri di Kerajaan Wahabi itu. Aktivis perempuan tersebut bernama Najla Hariri.

Meski hanya sebentar, ia ditahan saat mengemudikan mobilnya yang hendak menuju kantor anak perempuannya itu. Hariri yang tergabung dalam sebuah kelompok yang menentang pelarangan perempuan mengemudi, meluncurkan kampanye di internet sejak Juni bulan kemarin. Dalam kampanyenya itu, ia menyerukan kepada perempuan di seluruh negeri Saudi untuk menentang larangan tersebut.

"Saya belum menandatangani suatu komitmen apapun yang melarang saya untuk mengemudikan mobil sendiri," ujarnya seperti dikutip AFP, usai dirinya dibebaskan dari penahanan.

Saat akan ditahan, Hariri mengatakan kepada polisi setempat bahwa tidak ada suatu ketentuan yang menegaskan pelarangan perempuan mengemudikan mobilnya sendiri.

Arab Saudi merupakan satu-satunya negara yang melarang perempuan mengemudikan mobilnya sendiri. Sebelumnya, Polisi setempat juga sudah menahan beberapa perempuan yang menentang pelarangan mengemudikan mobil sendiri.

sumber : www.abna.ir
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA