Wednesday, 27 Jumadil Awwal 1441 / 22 January 2020

Wednesday, 27 Jumadil Awwal 1441 / 22 January 2020

 

Mulai Meningkat, Jumlah Bus di Pelabuhan Merak

Sabtu 20 Aug 2011 23:08 WIB

Red: Ajeng Ritzki Pitakasari

REPUBLIKA.CO.ID, MERAK - Jumlah untuk sepeda roda dua dan bus di Pelabuhan Merak pada Jumat (19/8) mengalami peningkatan 10 persen, dari hari sebelumnya. "Kalau dilihat dari data yang kami miliki, jumlah untuk pengendara roda dua dan bus mengalami peningkatan sebesar 10 persen, yang sebelumnya untuk roda dua hanya 400, sekarang sudah mencapai 531 unit, sedangkan bus dari 270, sekarang sudah mencapai 320," kata Asisten Manager Operasional PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Utama Merak, Sihabudin Ahmad, Sabtu (20/8).

Dia menjelaskan, peningkatan penumpang yang menggunakan roda dua dan bus dikarenakan masyarakat sudah mulai melakukan aktivitas mudik. "Hari Jumat kemarin, anak sekolah sudah mulai libur, dan saya meyakini, hari-hari selanjutnya peningkatan roda dua dan bus akan terus mengalami penambahan," katanya.

Disinggung mengenai adanya kemungkinan lonjakan penumpang di Pelabuhan Merak pada H-2, ia meyakini, hal tersebut tidak akan mengalami hambatan bagi pemudik, alasannya semua persiapan sudah dilakukan secara matang.

"Kami meyakini, pada puncak arus mudik nanti tidak ada kendala yang menghambat. Apalagi kami sekarang secara terus menerus kepada masyarakat agar pemudik yang datang dilakukan pada pagi hari, bukan malam, karena untuk menghindari penumpukan," katanya menjelaskan.

Saat ini kata Sihabudin, pihaknya mengupayakan pengoperasian kapal di atas 25 unit, dengan jumlah trip mencapai 85. "Upaya konsistensi jumlah armada kapal yang beroperasi, untuk mengurangi antrean," katanya.

Pantauan di lapangan, penumpukan kendaraan di dalam pelabuhan didominasi oleh truk. Sedangkan bus penumpang mendapatkan prioritas dari PT ASDP Merak.

Sumber : Antara
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA