Rabu 03 Aug 2011 18:00 WIB

Kuntoro: Guru PNS Sudah Penuhi Rasio Ideal

Ketua Satgas Pemberantasan Mafia Hukum Kuntoro Mangkusubroto
Ketua Satgas Pemberantasan Mafia Hukum Kuntoro Mangkusubroto

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Kepala Unit Kerja Presiden bidang Pengawasan dan Pengendalian Pembangunan Kuntoro Mangkusubroto mengatakan, jumlah tenaga guru PNS secara nasional telah mencukupi. "Jika bicara mengenai tenaga guru, itu sudah cukup. Kalau dilihat secara nasional itu sudah memenuhi rasio ideal," kata Kuntoro di Komplek Istana Wakil Presiden, Jakarta, Rabu (3/8).

Untuk itu, menurut dia, bila ada daerah yang merasa kekurangan guru, berarti terjadi penumpukan guru di suatu tempat sehingga diperlukan realokasi. "Tetapi kalau daerah kekurangan guru, ada apa? Apakah realokasinya yang perlu dilakukan," katanya.

Menurut dia, tak hanya guru, namun juga PNS secara keseluruhan. Ia mengungkapkan, jumlah PNS saat ini mencapai 4,7 juta. Jumlah ini cukup besar. Untuk itu, menurut dia, pemerintah akan menata kembali cara perencanaan rekrutmen pegawai negeri.

"Kita sedang melakukan analisis yang lebih tajam, alokasi dan realokasi. Lalu daerah-daerah yang diperhatikan," katanya

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi EE Mangindaan mengatakan, pemerintah tengah membuat grand desain PNS hingga 2014. "Harus ada strategi sampai 2014, pertahun berapa, bukan kebutuhan saja, sampai instansi mana, wilayah mana, harus dibikin 'grand design' (desain besar), jangan jadi masalah lagi ke depan soal PNS - PNS," katanya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement