Tuesday, 13 Jumadil Akhir 1442 / 26 January 2021

Tuesday, 13 Jumadil Akhir 1442 / 26 January 2021

Aku Bisa Mendengar Suara Bola Mataku Bergerak

Selasa 02 Aug 2011 14:40 WIB

Red: Didi Purwadi

Stephen Mabbutt

Stephen Mabbutt

Foto: www.thesun.co.uk

REPUBLIKA.CO.ID,LONDON - Dokter bingung ketika Stephen Mabbutt mengatakan kepada mereka:"Aku bisa mendengar suara bola mata saya bergerak." Tapi, dokter akhirnya mendiagnosis kondisi telinga langka di mana suara dalam tubuh bisa terdengar sangat keras.

Stephen (57) juga bisa mendengar detak jantungnya. Ketika ia mengunyah makanan, suara itu memekakkan telinganya.

Ayah dua anak ini mengalami apa yang disebut autophony. Salah satu gejala sindrom kanal dehiscence superior. Penyakit aneh ini tidak diketahui pada sepuluh tahun yang lalu.

Awalnya ia mengenali suara internal suaranya sendiri. Dia kemudian mulai bisa mendengarkan segala sesuatu lainnya yang ada di dalam tubuhnya.

Selama enam tahun kondisinya memburuk. Berbagai suara-suara dalam tubuhnya bergabung masuk.

"Aku sedang duduk tenang sendirian di rumah pada malam hari. Tiba-tiba aku mendengar kebisingan yang cukup keras. Suaranya seperti amplas yang digosokkan pada kayu,'' katanya. ''Saya cukup terkejut dan melihat sekeliling sambil bertanya-tanya apa itu. Lalu, aku memperhatikan  suara itu datang setiap kali saya menggerakan bola mataku. Saya mulai berpikir saya gila.."

Gejala pertama muncul sekitar 2005. Jika Stephen meninggikan suaranya, dia akan merasakan getaran kuat di kepalanya. "Jika saya sedang makan sekantong keripik, bunyinya terdengar seperti orang-orang yang sedang berbicara. Lalu, aku mendengar detak jantungku sendiri,'' katanya.

Kondisi tersebut membuat Stephen sulit tidur. Karena, dia selalu mendengar bunyi jantung dan bola matanya seperti suara orang berisik di kepalanya.

Stephen, yang bekerja sebagai koordinator pelatih di perusahaan Banbury di Oxfordshire, mengatakan penyakitnya itu mulai mempengaruhi matanya. Matanya berdenyut mengikuti irama denyut jantungnya.

"Dokter memberi saya sejumlah obat semprot, tetes mata, dan antibiotik. Tapi, semua itu tidak ada bedanya,'' keluhnya.

Tapi, tahun ini CT scan menunjukkan sebuah lubang kecil di tulang temporal di tengkorak Stephen. Ini berarti cairan dari saluran setengah lingkaran pada telinga bagian dalam telah bocor ke dalam otak Stephen. Itu yang menyebabkan
Stephen bisa mendengar suara tubuhnya.

Operasi menjadi jalan satu-satunya untuk menghentikan bunyi suara tersebut.  Tapi Richard Irving, konsultan Birmingham yang menangani Stephen, menyatakan kasus ini sungguh langka. "Ini adalah kondisi yang sangat tidak biasa. Mungkin ada satu kasus per tahun per 500.000 orang di Inggris.."

sumber : www.thesun.co.uk
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA