Senin 01 Aug 2011 16:54 WIB

Jenson Button: Mari Kita Kembali Menangkan Semuanya

Jenson Button
Foto: AP/Balazs Czagany
Jenson Button

REPUBLIKA.CO.ID,BUDAPEST- Pebalap McLaren Mercedes, Jenson Button, merayakan penampilannya yang ke-200 di Formula Satu dengan menjuarai Grand Prix Hungaria pada Ahad (31/7). Pebalap asal Inggris itu memenangkan sebuah balapan mendebarkan yang ditentukan oleh pemilihan ban dan kondisi lintasan yang basah dan licin.

Pebalap Red Bull, Sebastian Vettel, di posisi kedua untuk memperlebar keunggulannya di puncak klasemen pebalap atas rekan setimnya, Mark Webber, menjadi 85 poin. Dia selangkah mendekat untuk mempertahankan gelar juaranya dengan delapan seri balapan tersisa. Pebalap Ferrari, Fernando Alonso, finis di posisi ketiga.

Button merebut kemenangan keduanya pada musim ini setelah bersaing dengan Lewis Hamilton. Namun, kemudian Hamilton turun ke posisi keempat setelah memilih jenis ban yang salah dalam hujan. Dia kemudian dikenai penalti setelah mobilnya melintir.

"Rekan-rekan, sempurna untuk memasuki istirahat musim panas. Mari kembali dan memenangi semuanya," kata Button, yang merebut kemenangan Grand Prix pertamanya di Hungaria pada 2006, kepada rekan-rekan setimnya melalui radio.

Pebalap Inggris Raya itu kini sudah memenangi 11 Grand Prix selama kariernya sejak memulainya bersama Williams pada 2000. Vettel melakukan start yang bagus di posisi pole, tapi Hamilton yang juara balapan sebelumnya di Jerman pada Ahad lalu itu terus membuntuti juara dunia tersebut sejak dari posisi start keduanya.

Lintasan licin turut membuat laju kendaraan Vettel melebar dan Hamilton melihat peluangnya untuk memacu kendaraan melewatinya. Button, posisi ketiga dalam kualifikasi dan juara di Grand Prix Kanada yang juga dalam kondisi hujan, kemudian menyalip pebalap Jerman tersebut dalam kondisi lintasan yang sebagian basah saat

McLaren kembali memperlihatkan keperkasaananya atas Red Bull yang sebelumnya tampil dominan. Vettel kini mengantongi 234 poin dengan diikuti Webber 149 poin, Hamilton 146 poin, Alonso 145 poin, dan Button 134 poin. Red Bull kini mengumpulkan 383 poin. McLaren mengikutinya dengan 280 poin dalam klasemen konstruktor.

sumber : Antara/Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement