Senin 25 Jul 2011 14:44 WIB

Berwisata ke Garut

Situ Cangkuang
Foto: Foto-foto:Nyanyu/PicnicHolic
Situ Cangkuang

Kota Garut, Jawa Barat, mempunyai banyak destinasi wisata yang cukup menyenangkan untuk dikunjungi. Pemandian Air Panas Cipanas, salah satunya. Di tempat ini kita bisa berendam di kolam air panas alami. Banyak kolam renang ataupun pemandian yang dibuka untuk umum. Air panasnya yang alami mampu menghilangkan rasa lelah dan menghadirkan rasa nyaman.

Pemandangan dari tempat wisata ini juga cantik. Panorama gunung dan sawah mendominasi tempat ini. Bagi yang ingin menginap, penginapan dengan harga murah juga mudah ditemui. Hampir semua penginapan di tempat ini menyediakan kolam air panas untuk berendam.

Sejauh 14 km dari Cipanas ke arah Nagrek, terdapat obyek wisata Situ Cangkuang. Danau asri ini berada di Desa Cangkuang. Cangkuang adalah nama tumbuhan sejenis pandan yang banyak tumbuh di desa ini.

Dengan menyewa rakit Rp. 50.000 (pulang pergi) kita bisa menyeberang ke Kampung Pulo, Kampung tradisional yang unik karena hanya boleh di tempati 7 keluarga saja. Jika terjadi pernikahan yang menyebabkan hadirnya satu keluarga baru, maka harus ada keluarga yang meninggalkan Kampung Pulo. Di Kampung Pulo juga terdapat Candi Cangkuang .

 

 

Situ Bagendit

Kembali dari Situ Cangkuang kita masih bisa melanjutkan perjalanan ke Situ Bageundit. Berkeliling danau dengan menyewa rakit menjadi pilihan yang cukup menyenangkan. Pemandangan cantik  selama berakit terhampar seluas mata memandang. Uniknya, di  tengah danau juga ada warung apung. Warung kecil yang berdiri diatas rakit juga. Di sekitar Situ Bageundit kita bisa menemukan banyak warung-warung makan yang cukup murah.

Selain tempat wisatanya, Garut juga terkenal dengan panganan dodol dan kerajinan kulit. Jika ingin membeli kerajinan kulit dengan harga murah, silahkan datang ke Sentra Industri Kerajinan Kulit yang terletak di Jalan Gagak Lumajang Sukaregang. Aneka kerajinan kulit seperti tas, dompet, sepatu, dan juga jaket kulit.

Nyanyu Partowiredjo, pelaku wisata

[email protected]

 

 

 

Rubrik ini bekerja sama dengan PicnicHolic

www.picnicholic.webs.com

@PicnicHolic

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement