Jumat 22 Jul 2011 13:31 WIB

Dishub: Perbaikan Armada Laut di Bakauheni Sebaiknya Selesai H-7 Lebaran

REPUBLIKA.CO.ID, BANDARLAMPUNG - Dinas Perhubungan Provinsi Lampung mengimbau pihak PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Bakauheni untuk menyelesaikan seluruh armada laut yang sedang dalam perbaikan (doking) sebelum H-7 Lebaran 2011.

"Percepatan doking itu diharapkan dapat mengakomodir kebutuhan penyeberangan Bakauheni-Merak pada arus mudik-balik Idul Fitri mendatang," ujar Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Lampung, Eman Hendrawan, di Bandarlampung, Jumat (22/7).

Menurut dia, kapal roll on-roll off (Roro) yang akan dioperasionalkan pada angkutan mudik lebaran 2011 seluruhnya akan diuji kelaikan jalannya agar memberikan rasa aman kepada konsumen atau penumpang yang akan menggunakan jasa angkutan tersebut.

"Kapal yang sedang doking dan dermaga yang sedang dalam perbaikan diharapkan dapat selesai sebelum H-7 lebaran sehingga tidak menimbulkan kemacetan atau penumpukan penumpang yang akan melakukan penyeberangan," terangnya.

Eman juga menjelaskan, pihaknya telah mempersiapkan sebanyak 38 armada laut dengan rincian sebanyak 33 kapal roll on roll off (Ro-Ro), tiga kapal ro-ro bantuan yaitu Bontang, Darma Fery, dan Raja Enggano serta dua unit kapal cepat.

Dermaga pun telah dipersiapkan sebanyak enam dermaga sandar, satu dermaga sandar kapal cepat, lima loket pembelian karcis penumpang dan lima loket kendaraan guna mempermudah pelayanan terhadap calon penumpang.

Sementara itu, Manajer Operasional PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Cabang Bakauheni Heru Purwanto mengatakan pihaknya akan menyiagakan 38 kapal untuk melayani angkutan Idul Fitri 1432 Hijriyah.

"Kapal tersebut masih dalam persiapan termasuk perawatan untuk melayani penumpang arus mudik dan balik dari Pelabuhan Bakauheni ke Merak atau sebaliknya," katanya di Bakauheni, Selasa lalu (19/7).

Ia mengatakan, 38 kapal tersebut terdiri atas 36 kapal roro dan dua kapal cepat. Sebagian kapal tersebut masih dalam perbaikan dan diharapkan sebelum lebaran sudah selesai serta siap dioperasikan untuk melayani penyeberangan penumpang dari dua pelabuhan tersebut.

Menurut dia, kapal yang sedang "docking" antara lain KMP Titian Murni, Royal Nusantara, Nusa Setia, SMS Kertanegara dan Raja Enggano. "Kami upayakan pada H-7 lebaran kapal tersebut sudah siaga, kata Heru.

Berdasarkan data, pada angkutan Idul Fitri 2010 jumlah penumpang dari Pelabuhan Bakauheni ke Merak mencapai 763.312 orang, kendaraan roda dua 55.816 unit, kendaraan roda empat 67.129 unit, bus penumpang 6.467 unit, truk berbagai golongan 12.254 unit, sehingga total kendaraan mencapai 135.705 unit.

sumber : Antara

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement