Kamis 23 Jun 2011 15:09 WIB

Kondisi Puluhan Jembatan di Brebes Mengkhawatirkan

REPUBLIKA.CO.ID, BREBES - Kondisi puluhan jembatan di sejumlah kecamatan di Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, mengkhawatirkan karena lapuk dimakan usia dan membahayakan keselamatan warga.

Camat Bantarkawung, Edi Sudarmanto, Kamis, mengatakan sedikitnya ada 19 unit jembatan, di antaranya Jembatan Sungai Kedungnanas, Jembatan Karangtengah, serta Jembatan Ciawi yang menjadi sarana penghubung antardesa di Kecamatan Bantarkawung.

Kondisi jembatan ini sudah tidak layak dan membahayakan keselamatan warga, katanya.

"Kami sudah mengusulkan agar kerusakan jembatan segera diperbaiki, namun hingga kini belum ada perhatian dari pihak berwenang," katanya.

Untuk memperbaiki belasan jembatan rusak, kata dia, setidaknya membutuhkan dana Rp 2.347 miliar, sehingga diharapkan perbaikan dilakukan secara bertahap dengan melihat skala prioritas.

Sementara itu, Kades Jipang, Ahmad Riyadi mengatakan, kerusakan Jembatan Sungai Cipogo kian hari semakin parah, akibat kayu penyangga jembatan tergerus air sungai.

"Jembatan Cipogo merupakan sarana penghubung antardukuh dan antardesa, sehingga hampir setiap saat banyak warga yang melintas di jembatan ini, terutama anak sekolah dan petani," katanya.

Ia mengatakan, warga khawatir jika jembatan tidak segera diperbaiki maka akan bernasib sama seperti Jembatan Cacaban yang ambruk beberapa bulan lalu akibat rusak dan tak pernah ada terbaikan.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement