Selasa, 26 Jumadil Awwal 1441 / 21 Januari 2020

Selasa, 26 Jumadil Awwal 1441 / 21 Januari 2020

Kapolri Datang, Peringatan Hari Lingkungan di Pekanbaru Batal

Jumat 17 Jun 2011 18:29 WIB

Red: Siwi Tri Puji B

Kapolri Timur Pradopo

Kapolri Timur Pradopo

REPUBLIKA.CO.ID, PEKANBARU - Sejumlah elemen mahasiswa dan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Riau batal menggelar peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia, menyusul kehadiran Kapolri Jenderal Pol Timur Pradopo dalam kunjungan kerja sehari di Pekanbaru, Jumat.

Elemen mahasiswa seperti Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (KAMMI) Riau, Satuan Mahasiswa Pemuda Pancasila (Satma PP) Riau, Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Islam Negri (BEM UIN) Sultan Syarif Kasim II, dan LSM Serikat Tani Riau (STR). Semula puluhan mahasiswa dan massa STR itu ingin melakukan peringatan hari lingkungan hidup dunia dengan menggelar aksi unjuk rasa, dan salah satu tuntutan mereka penuntasan kasus pembalakan liar yang melibatkan 14 perusahaan perkayuan di Riau.

Namun, aparat kepolisian yang telah mengetahui niat mereka langsung mendatangi massa yang sedang bersiap-siap melakukan aksi dengan mengambil titik kumpul di depan Perpustakaan Wilayan Riau Soeman HS, di Jalan Cut Nyak Dien, Pekanbaru. "Kami dikurung sama polisi di perpustakaan wilayah. Ketika baru mau bergerak ke Mapolda Riau, akses jalan sudah ditutup oleh polisi," ujar Ketua KAMMI Riau, Agung Nugroho.

Lebih lanjut ia mengatakan, sejumlah perwakilan dari Polda Riau dan Korem 031/Wirabima juga menemui para mahasiswa sekaligus melakukan lobi agar mengurungkan niat untuk menggelar aksi unjuk rasa tersebut.

"Sebenarnya kami ingin berdialog langsung dengan Kapolri terhadap kemungkinan dicabutnya Surat Perintah Penghentian Penyidikan (SP3) oleh Polda Riau terhadap kasus pemalakan hutan melibatkan 14 perusahaan tahun 2008, tapi batal," ujarnya.

Niat mahasiswa melakukan unjuk rasa itupun akhirnya dibatalkan, karena oleh perwakilan Polda Riau mereka dijanjikan berdialog langsung dengan Kapolda Riau Brigjen Pol Suedi Husein pekan depan membahas SP3 tersebut.

Agenda kunjungan kerja Kapolri Jenderal Pol Timur Pradopo selama sehari di Pekanbaru adalah untuk meresmikan pusat latihan mengemudi Riau Safety Driving Centre (RSDC).

Selama Kapolri berada di Pekanbaru, terlihat polisi dari Satuan Lalu Lintas dan Sabhara berjaga-jaga pada sejumlah ruas jalan untuk melancarkan arus lalu lintas dan mengantisipasi berbagai kemungkinan. Selepas menunaikan Sholat Jumat, Kapolri beserta istri dan rombongan langsung bertolak kembali ke Jakarta.

sumber : Antara
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA